PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK DENGAN RISIKO HAMBATAN BELAJAR DI KELOMPOK B

SUMARTIN, SANTY (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN MELALUI MEDIA BENDA KONKRET BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA ANAK DENGAN RISIKO HAMBATAN BELAJAR DI KELOMPOK B. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SANTY SUMARTIN_24011240201.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelit ian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak-anak kelompok B yang memiliki risiko hambatan belajar melalui penerapan media benda konkret berbasis pendekatan Project Based Learning (PjBL). Metode yang digunakan adalah Penelit ian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam t iga siklus. Masing-masing siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelit ian ini adalah anak-anak kelompok B yang ber inisial Y di TK Negeri Pembina yang berlokasi di Jl. Apt. Pranoto, Kecamatan Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur, yang menunjukkan keterlambatan dalam memahami konsep bilangan. Pendekatan PJBL diimplementasikan melalui proyek "pasar mini", di mana anak-anak berpartisipasi aktif dalam simulasi jual beli dengan memanfaatkan benda konkret seperti uang mainan, buah-buahan t iruan, serta label angka. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes performa anak, kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kuant itatif. Hasil menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bilangan di setiap siklus. Sebelum t indakan, capaian indikator hanya sebesar 25% (kategori sangat rendah). Persentase ini meningkat menjadi 58% pada siklus I (kategori cukup), 75% pada siklus II (kategori baik), dan mencapai 91% pada siklus III (kategori sangat baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa media benda konkret berbasis PJBL efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak-anak yang berisiko mengalami hambatan belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal bilangan, media konkret, Project Based Learning, PAUD, anak dengan risiko hambatan belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan FIP
Date Deposited: 07 Aug 2025 01:18
Last Modified: 07 Aug 2025 01:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87563

Actions (login required)

View Item View Item