Ulfa, Ulfa and Widihastuti, Widihastuti (2024) Pengaruh Bimbingan Kejuruan, Ekspektasi Kerja, dan Apresiasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Tata Busana di Kota Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
tesis_ulfa_22702251011.pdf Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) pengaruh bimbingan kejuruan terhadap kesiapan kerja, (2) pengaruh ekspektasi kerja terhadap kesiapan kerja, (3) pengaruh apresiasi kerja terhadap kesiapan kerja, dan (4) pengaruh bimbingan kejuruan, ekspektasi kerja, dan apresiasi kerja secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan (SMK) tata busana di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Subjek dari penelitian ini adalah 248 siswa kelas XII program keahlian tata busana dari lima SMK yang memiliki jurusan tata busana di Kota Yogyakarta. Sampel sejumlah 153 peserta didik ditetapkan dengan teknik simple random sampling, dengan menggunakan rumus Slovin. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Isi instrumen divalidasi dengan expert judgement (validator lima dosen ahli) dan Aikens V, dan selanjutnya validitas konstruk dilakukan dengan uji Analisis Faktor Konfirmatori. Estimasi reliabilitas menggunakan reliabilitas antar rater dan Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara bimbingan kejuruan terhadap kesiapan kerja serta variabel kesiapan kerja dipengaruhi oleh variabel bimbingan kejuruan sebesar 41,6%. (2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara ekspektasi kerja terhadap kesiapan kerja. Kesiapan kerja dipengaruhi oleh variabel ekspektasi kerja sebesar 53,5%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara apresiasi kerja terhadap kesiapan kerja dan variabel kesiapan kerja dipengaruhi oleh variabel apresiasi kerja sebesar 58,5%. (4) Bimbingan kejuruan, ekspektasi kerja, dan apresiasi kerja secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa SMK tata busana di Kota Yogyakarta dengan nilai sebesar 71,1%. Adapun sisanya 28,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar dari persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | apresiasi, bimbingan kejuruan, ekspektasi, kerja, kesiapan, SMK, tata busana |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 05 May 2025 03:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86748 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |