Farisiyah, Umi and Istiyono, Edi (2025) Pengembangan Model Evaluasi Program Bilingual di Pondok Pesantren. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_umi farisiyah_20701261006.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Salah satu upaya pondok pesantren menyiapkan lulusannya agar dapat bersaing di dunia global adalah dengan mengimplementasikan program bilingual. Untuk memantau pelaksanaan program bilingual ini, perlu dilakukan evaluasi dengan model yang sudah disesuaikan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangakan model evaluasi program bilingual di pondok pesantren, menguji kualitas model evaluasi yang telah dikembangkan, memotret pelaksanaan program bilingual di pondok pesantren dan membuktikan keefektifan model evaluasi program bilingual yang sudah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE. Penelitian ini dilakukan di beberapa pondok pesantren di Jawa dan Sumatra yang terlibat pada proses preliminary, uji coba dan implementasi dengan melibatkan 20 pembina bahasa dan 500 peserta program bilingual. Pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, studi dokumentasi, analisis konten, survey dan tes. Data yang didapatkan dianalisis dengan menggunakan V-Aiken, CFA, dan IRT dengan bantuan program R. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini sudah terbukti validitas isi (V-Aiken 0.85 - 1), validitas konstruk dengan perolehan SLF > 0.05, reliabilitas konstruk dengan perolehan nilai 0.937 – 0.966, item parameter dan item fit dengan menggunakan Graded Response Model. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah (1) satu model evaluasi yang mengevaluasi aspek input (kualifikasi pembina bahasa, peserta program, kurikulum, fasilitas, aturan dan kegiatan), implementasi (kinerja pembina bahasa, penggunaan fasilitas dan teknologi, cakupan materi pembelajaran bahasa, metode pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan penilaian),output (L,S,R,W) dan outcome (faktor afektif dalam pembelajaran bahasa asing) dari program bilingual di pondok pesantren. Model ini bernama CIBER, singkatan dari Comprehensive Islamic Boarding School Bilingual Evaluation and Review. Model CIBER merupakan gabungan model CIPP dan model Kirkpatrick yang disesuiakan dengan pelaksanaan program bilingual di pondok pesantren. (2) Semua komponen Model CIBER telah terbukti kualitasnya. Model CIBER ini juga telah memenuhi syarat model yang baik dengan memperoleh nilai dan kategori efektif (3) Simpulan dari hasil evaluasi di 3 pondok pesantren bilingual yang telah beroperasi <= 10 tahun, >10 tahun dan > 20 tahun adalah pentingnya persiapan program yang menyeluruh, focus pada implementasi program, meningkatkan kualitas output, pentingnya evaluasi yang berkelanjutan dan meningkatkan kesadaran pengelola pondok pesantren terhadap program bilingual.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bilingual Program Evaluation, Islamic Boarding Schools, Model CIBER, Research and Development |
Subjects: | Filsafat. Psikologi. Agama > Agama Pendidikan > Evaluasi Pendidikan Filsafat. Psikologi. Agama > Studi Islam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 05 May 2025 02:45 |
Last Modified: | 05 May 2025 02:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |