Rahim, Abdul and Istiyono, Edi (2024) Pengembangan Instrumen Four-Tier Diagnostic Test pada Pembelajaran Statistika di Perguruan Tinggi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_abdul rahim_17701261015.pdf Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) Mengkonstruksi instrumen Four Tier Diagnostic Test, 2) Menganalisis kualitas dan karakteristik instrumen Four Tier Diagnostic Test, 3) Mendeskripsikan hasil tes diagnostik terhadap mahasiswa dan tindak lanjutnya. Penelitian ini merupakan research and development. Pengembangan instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini mengadopsi model pengembangan Oriondo-Antonio yang dimodifikasi menjadi tiga tahap, yaitu perencanaan tes, uji coba tes, dan pengukuran dan interpretasi. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk. Validitasi isi menggunakan V Aiken dan validitas konstruk menggunakan menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) sedangkan estimasi reliabilitas konstruk menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis data memanfaatkan Item Response Theory (IRT) menggunakan Partial Credit Model (PCM). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruk Four-Tier Diagnostic Test (FTDT) berupa soal dengan struktur yang terdiri dari empat tingkat (four tier) yang masing-masing memiliki peran yang berbeda. Tingkat pertama merupakan soal pilihan ganda dengan empat pengecoh dan satu kunci jawaban. Tingkat kedua merupakan tingkat keyakinan dalam memilih jawaban. Tingkat ketiga merupakan alasan menjawab pertanyaan berupa alasan tertutup. Tingkat keempat merupakan tingkat keyakinan dalam memberi alasan. (2) FTDT yang dikembangakan terbukti valid (0,76) serta reliabel (0,955) dan butir soal yang dikembangkan sudah baik dan informatif. Empat faktor pada 40 butir soal menunjukkan bahwa 10 dari 12 indeks yang diukur memperoleh nilai yang sesuai dengan nilai standar yang ditentukan. (3) Kemampuan mahasiswa secara umum berada pada kategori False Negative (FN), yang berarti bahwa sebagian besar mahasiswa tidak bisa menjawab pertanyaan dengan benar pada pokok soal meskipun yakin dengan jawabannya. Alasan yang diberikan benar dan mereka yakin dengan alasan tersebut.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Four tier, Item Response Theory, Tes diagnostik |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 04:23 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 04:23 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86726 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
