Pambayun, NIrmala Adhi Yoga and Munadi, Sudji (2024) Model Penilaian Budaya Kerja Industri Siswa SMK Bidang Otomotif. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_nirmala adhi yoga pambayun_21701261013.pdf Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan konstruk budaya kerja industri siswa SMK bidang otomotif; (2) menghasilkan desain model penilaian budaya kerja industri siswa SMK bidang otomotif; (3) mengungkapkan kualitas model penilaian yang dikembangkan; (4) mengungkap profil budaya kerja industri siswa SMK bidang otomotif hasil penerapan model; dan (5) mengungkap kepraktisan model penilaian yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah meliputi studi pendahuluan, perumusan model penilaian, pengembangan model penilaian, ujicoba dan revisi, serta penilaian terhadap model final oleh pengguna. Perangkat model penilaian terdiri dari panduan model penilaian dan instrumen penilaian, yang divalidasi oleh ahli dan dilakukan serangkaian tahap uji coba. Validasi perangkat model melibatkan satu ahli pendidikan vokasi otomotif, dua ahli penilaian, dua praktisi industri, dan dua guru SMK. Uji coba dan implementasi model dilaksanakan di SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Uji keterbacaan melibatkan tujuh guru dan 41 siswa yang berasal dari tiga sekolah berbeda. Uji coba instrumen skala luas dilaksanakan di tujuh SMK dengan total melibatkan 14 guru. Jumlah siswa yang terlibat sebanyak 285 orang untuk uji coba instrumen observasi penilaian praktik harian dan 264 siswa untuk instrumen observasi penilaian unjuk kerja, sedangkan instrumen penilaian diri sebanyak 287 siswa. Uji coba model dilaksanakan di dua SMK dengan melibatkan dua guru dan 50 siswa. Validitas konstruk instrumen dibuktikan dengan Confirmatory Factors Analysis dan estimasi reliabilitas instrumen dilakukan dengan formula Alpha Cronbach dan reliabilitas inter-rater dengan metode Intra Class Corelation. Model penilaian yang telah final diimplementasikan di tujuh SMK untuk melihat profil budaya kerja industri siswa dan memperoleh respon terkait kepraktisan model dari pengguna. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konstruk budaya kerja industri siswa SMK bidang otomotif terdiri dari empat aspek: budaya tertib dan teratur, budaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3), budaya mutu, dan karakter kerja. (2) Penilaian budaya kerja industri dilaksanakan dengan instrumen observasi untuk penilaian praktik harian dan unjuk kerja, serta instrumen penilaian diri yang berbentuk kuesioner. Model penilaian dilengkapi dengan template penilaian yang berbentuk MS. Excel untuk membantu guru dalam pengolahan dan interpretasi skor. (3) Model yang dihasilkan memenuhi aspek validitas dan reliabilitas. (4) Budaya kerja industri siswa dikelompokkan menjadi lima kategori: sangat kurang (9,62%), kurang (19,2%), cukup (26,9%), baik (24%), dan sangat baik (20,2%). (5) Respon dari pengguna menunjukkan bahwa model penilaian masuk dalam kategori kepraktisan tinggi.
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | budaya kerja industri, siswa SMK bidang otomotif |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Penelitian Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 29 Apr 2025 03:52 |
| Last Modified: | 29 Apr 2025 03:52 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
