UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN MINAT SISWA DALAM MELAKUKAN GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SOKARAJA KECAMATAN PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA

Toto, Kusnindar (2012) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN MINAT SISWA DALAM MELAKUKAN GULING DEPAN MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 2 SOKARAJA KECAMATAN PAGENTAN KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 (10604227028).pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 (10604227028).pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 (10604227028).pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover (10604227028).pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam pembelajaran guling depan kelas III SD Negeri 2 Sokaraja Kecamatan Pagentan Kabupaten Banjarnegara melalui pendekatan bermain. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD Negeri 2 Sokaraja yang berjumlah 27 siswa. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penilaian kompetensi guru, penilaian sikap siswa, angket dan hasil penilaian guling depan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam pembelajaran guling depan pada siswa kelas III SD Negeri 2 Sokaraja. Berdasarkan penelitian dan hasil analisis yang telah dilakukan oleh kolaborator dan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan kemampuan dan minat siswa dalam melakukan pembelajaran guling depan dari penilaian psikomotor peningkatan dari kondisi awal ke siklus II sebesar 6,91(25,65%). Pada kompetensi guru meningkat 10,94. Pada penilaian sikap siswa peningkatan sebesar 14,84. Pada pembagian angket siklus I ada 3 faktor siswa menjawab tidak berjumlah 11 siswa dan pada pembagian angket minat siswa siklus II berdasarkan hasil jawaban 27 siswa dapat peneliti simpulkan bahwa semua menjawab ya dalam jawaban angket siswa, tetapi ada satu faktor siswa yang menjawab tidak yaitu saya dapat melakukan tes evaluasi yang diberikan guru (ada 1 siswa yang menjawab tidak dan 26 siswa menjawab ya). Berdasarkan hasil jawaban siswa dapat disimpulkan bahwa siswa merasa senang saat mengikuti pembelajaran karena sudah diatas 75% jawaban siswa menjawab ya. Dengan demikian melalui pendekatan bermain pada pembelajaran guling menunjukkan adanya peningkatan. Kata kunci : Guling depan, pendekatan bermain

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Guling depan, pendekatan bermain.
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 00:49
Last Modified: 29 Jan 2019 17:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8670

Actions (login required)

View Item View Item