Relevansi Kurikulum SMK Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor Dengan Kompetensi yang Dibutuhkan Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).

Firdaus, Muhammad Dzaky and Sutarto, Sutarto (2024) Relevansi Kurikulum SMK Bidang Keahlian Teknik Sepeda Motor Dengan Kompetensi yang Dibutuhkan Dunia Industri dan Dunia Kerja (IDUKA). S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_muhammad dzaky firdaus_21702251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52MB)

Abstract

Kurikulum SMK berperan penting dalam proses pembelajaran yang nantinya akan membekali peserta didik dengan kompetensi-kompetensi yang dibutuhkan oleh IDUKA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cakupan kompetensi pada kurikulum SMK bidang keahlian Teknik Sepeda Motor; (2) kompetensi tenaga kerja bidang Teknik Sepeda Motor yang dibutuhkan IDUKA di bidang jasa service sepeda motor; (3) relevansi dan kesenjangan kompetensi pada kurikulum SMK bidang keahlian Teknik Sepeda Motor dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh IDUKA di bidang jasa service sepeda motor. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan model evaluasi kesenjangan (discrepancy). Subjek penelitian ini yaitu 13 SMK dan 10 IDUKA bidang jasa service sepeda motor di Kabupaten Pringsewu. Responden penelitian ini terdiri dari 28 guru produktif Teknik Sepeda Motor dan kepala bengkel, kepala mekanik serta mekanik di IDUKA bidang jasa service sepeda motor sebanyak 30 responden di Kabupaten Pringsewu. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terbuka dan tertutup untuk guru produktif SMK dan responden IDUKA bidang jasa service sepeda motor serta dokumen. Isi instrumen divalidasi dengan menggunakan validasi kontruk dan validasi isi oleh expert judgment. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukan: (1) terdapat 9 elemen kompetensi pada kurikulum SMK yang setiap elemen kompetensi memiliki capaian pembelajaran yang berisikan 75 poin kompetensi bidang Teknik Sepeda Motor; (2) terdapat 71 poin kompetensi dalam kurikulum SMK bidang Teknik Sepeda Motor yang terlaksana di SMK; (3) terdapat 70 poin kompetensi dan 4 kompetensi yang belum tercantum di dalam kurikulum SMK bidang Teknik Sepeda Motor yang dibutuhkan IDUKA bidang jasa service sepeda motor; (4) Relevansi kompetensi kurikulum SMK bidang Teknik Sepeda Motor dengan kompetensi yang dibutuhkan IDUKA bidang jasa service sepeda motor di Kabupaten Pringsewu terdapat 8 poin kompetensi (10,67%) yang berkategori relevan, 7 poin kompetensi (9,33%) yang berkategori kurang relevan, serta 60 poin kompetensi (80%) yang masuk dalam kategori sangat relevan. Sehingga secara keseluruhan tingkat relevansi kompetensi dalam dokumen kurikulum SMK bidang Teknik Sepeda Motor sangat relevan dengan kebutuhan IDUKA bidang jasa service sepeda motor di Kabupaten Pringsewu.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: IDUKA, Kompetensi, Kurikulum, Relevansi, Sepeda Motor
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:57
Last Modified: 28 Apr 2025 08:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86693

Actions (login required)

View Item View Item