Pengembangan Model Acceptance and Commitment Counseling (ACC) untuk Meningkatkan Self-Compassion dan Self-Regulated Learning Mahasiswa di Cilacap.

Zalfa, Khulaimata and Purwanta, Edi (2025) Pengembangan Model Acceptance and Commitment Counseling (ACC) untuk Meningkatkan Self-Compassion dan Self-Regulated Learning Mahasiswa di Cilacap. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_khulaimata zalfa_18703261006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Kebutuhan akan layanan bimbingan dan konseling untuk mahasiswa dalam kerangka peningkatan self-compassion dan self regulated learning mahasiswa menjadi dasar dilakukannya pengembangan model Acceptance and Commitment Counseling. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model acceptance and commitment counseling (ACC) yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan self-compassion dan self-regulated learning mahasiswa di Cilacap. Tujuan penelitian tersebut dicapai menggunakan prosedur ilmiah yang ketat dan berhati- hati demi pertanggungjawaban dan keberlanjutan pemanfaatannya. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan prosedur yang dikembangkan oleh Borg dan Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu 1) studi pendahuluan pada 113 mahasiswa dan studi literatur, 2) perencanaan, 3) pengembangan draft produk awal, 4) validasi produk, 5) revisi berdasarkan uji produk awal, 6) uji coba terbatas pada sekelompok mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Cilacap pada mahasiswa Angkatan 2021, 7) revisi produk berdasarkan uji terbatas, 8) uji skala luas di tiga perguruan tinggi pada 42 konseli yang sampelnya ditetapkan menggunakan teknik purposive sampling, 9) revisi produk akhir, dan 10) diseminasi hasil penelitian melalui penyebaran produk. Pengumpulan data menggunakan survey, skala dan instrumen kuesioner kelayakan dan kepraktisan. Uji validitas isi menggunakan formula Aiken’s V, dengan hasil valid. Uji efektivitas menggunakan uji Wilcoxon dan Mann-Whitney u-test. Analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini menghasilkan model ACC yang dinyatakan layak oleh ahli, dengan skor 0,82 untuk buku model ACC, skor 0,93 untuk buku practice’s guide untuk konselor, dan skor 0,86 untuk buku practice’s guide untuk konseli. Model ACC juga telah dinyatakan praktis oleh pengguna dengan predikat sangat praktis pada kedua buku yaitu practice’s guide untuk konselor dan untuk mahasiswa. Model ACC efektif untuk peningkatan self-compassion, dengan signifikasi p mendekati 0,000, dan efektif untuk peningkatan self-regulated learning dengan signifikansi p mendekati 0,000.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: acceptance and commitment, konseling, self-compassion, self- regulated learning
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Apr 2025 08:29
Last Modified: 28 Apr 2025 08:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86676

Actions (login required)

View Item View Item