Wahyudi, Kurniawan Sigit and Sofyan, Herminarto (2025) Model dan Strategi Kemitraan Perguruan Tinggi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan dalam Penyiapan Guru Vokasional. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_kurniawan sigit wahyudi_21702261019.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) model kemitraan Perguruan Tinggi LPTK; (2) strategi kemitraan Perguruan Tinggi LPTK; dan (3) model struktural dari strategi kemitraan Perguruan Tinggi LPTK dalam penyiapan guru vokasional. Penelitian ini merupakan exploratory sequential mixed method design (qualitative →quantitative). Penelitian ini dilaksanakan pada Maret 2023 hingga Januari 2024. Objek penelitian kualitatif adalah Universitas Negeri Yogyakarta dan enam mitranya, dan penelitian kuantitatif adalah sejumlah 148 Responden penelitian. Instrumen pengumpulan data kualitatif adalah peneliti sendiri, sedangkan pengumpulan data kuantitatif menggunakan focus group discussion dan kuesioner. Analisis data kualitatif menggunakan software analisis data kualitatif ATLAS.ti 9 untuk memilih data, mengcoding, mencari data, kategoriasi kode, dan membuat peta konsep, sedangkan analisis data kuantitatif menggunakan Structural Equation Modeling (SEM). Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) model kemitraan Perguruan tinggi LPTK terdiri atas (a) Model kemitraan penyiapan guru vokasional yang efektif tercermin pada Fourth Educational Project tahun 1979 – 1982 di IKIP Negeri Yogyakarta dan IKIP Negeri Padang; dan (b) model kemitraan penyiapan guru vokasional saat ini adalah kemitraan multi-helix. (2) strategi kemitraan Perguruan tinggi LPTK terdiri atas empat aspek: pembentukan kemitraan, formulasi kemitraan, implementasi kemitraan, evaluasi kemitraan. (3) model struktural strategi kemitraan dalam penyiapan guru vokasional terdiri atas (a) enam aspek konstruk: aspek Input kemitraan, pembentukan kemitraan, formulasi kemitraan, implementasi kemitraan, evaluasi kemitraan, dan value relation; dan (b) hasil uji kelayakan model struktural memperoleh nilai SRMR (0,041), NFI (5,020) dan RMS Theta (0,170) dalam kategori baik (good fit). Faktor yang memiliki pengaruh determinan paling besar adalah implementasi kemitraan (0,376), selanjutnya evaluasi kemitraan (0,298) dan formulasi kemitraan (0,168).
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model, kemitraan, strategi, perguruan tinggi LPTK, guru vokasional |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Kejuruan Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 03:28 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 03:28 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86615 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |