Rekonstruksi Pembelajaran Kewirausahaan dengan Pendekatan Model of Educational Reconstruction (MER) di SMK.

Fawaid, Moh and Triyono, Moch Bruri (2024) Rekonstruksi Pembelajaran Kewirausahaan dengan Pendekatan Model of Educational Reconstruction (MER) di SMK. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_moh fawaid_20702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pembelajaran kewirausahaan di SMK membutuhkan pembaharuan dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. Pembaharuan pembelajaran kewirausahaan menyesuaikan dengan kebutuhan spesifik peserta didik dan perkembangan ekosistem kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran kewirausahaan model of educational reconstruction (KMER), menguji kelayakan dan efektivitas model serta mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap penerapan model pembelajaran kewirausahaan model of educational reconstruction (KMER). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan pendekatan four D (4D) Thiagarajan (define, design, develop, disseminate). Tahap Penelitian meliputi analisis masalah, peserta didik, dan tugas. Masalah pembelajaran kewirausahaan didapatkan dari observasi di SMK. Tahap pengembangan dimulai dari tahap desain perancangan model, pengembangan model awal, ujicoba awal, revisi model, focus group discussion dengan praktisi, akademisi dan pengguna, revisi model akhir, serta diseminasi model pembelajaran kewirausahaan MER. Validasi model dilakukan melalui kegiatan focus group discussion dengan akademisi, praktisi dan pengguna dari SMK. Uji coba model dilaksanakan pada kelas teknik fabrikasi logam dan manufaktur serta teknik kendaraan ringan. Uji coba model pembelajaran digunakan untuk mengetahui dampak model pembelajaran dan respon subjek terhadap penerapan model dalam kegiatan pembelajaran kewirausahaan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan model kewirausahaan KMER layak dan efektif. Berdasarkan uji kelayakan model melalui focus group discussion dengan ahli materi yang menyatakan model layak untuk diujicobakan. Uji efektivitas model dilakukan melalui pre test dan post test didapatkan rerata pre test 25,14 dan post test 36,28. Respon siswa setelah mendapatkan materi pembelajaran menggunakan model pembelajaran kewirausahaan KMER dapat meningkatkan pemahaman dasar wirausaha, berdasarkan nilai kuesionair 88,15% meningkatkan kompetensi identifikasi peluang berdasarkan nilai 82,22% dan niat berwirausaha 90,37% sehingga model pembelajaran kewirausahaan ini layak dan efektif untuk meningkatkan pemahaman dasar kewirausahaan dan meningkatkan kompetensi identifikasi peluang serta meningkatkan niat berwirausaha.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: Rekonstruksi, Model, Pembelajaran, Kewirausahaan, Kejuruan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Vocational > Business and Management
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:07
Last Modified: 25 Apr 2025 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86614

Actions (login required)

View Item View Item