Model Bimbingan Karir Kejuruan Mandiri Berbasis Sistem Pakar di Sekolah Menengah Kejuruan.

Bouty, Abd. Aziz and Sudira, Putu (2024) Model Bimbingan Karir Kejuruan Mandiri Berbasis Sistem Pakar di Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_abd. aziz bouty_18702261005.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan konstruk filosofi dan teoritik model bimbingan karir kejuruan mandiri berbasis sistem pakar di sekolah menengah kejuruan; (2) mengetahui kelayakan model bimbingan karir kejuruan mandiri berbasis sistem pakar yang dikembangkan; dan (3) mengetahui kepraktisan dan keefektifan model bimbingan karir kejuruan mandiri berbasis sistem pakar yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada 10 tahapan proses Borg and Gall, yaitu: (1) penelitian dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan; (3) pengembangan produk awal; (4) uji coba pendahuluan; (5) revisi produk utama; (6) uji coba produk di lapangan; (7) revisi produk operasional; (8) uji coba operasional di lapangan; (9) revisi produk akhir; dan (10) diseminasi dan implementasi produk. Data dikumpulkan menggunakan angket serta melalui observasi dan dokumentasi, dan dianalisis dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Kelayakan model divalidasi oleh ahli pendidikan dan kejuruan, ahli bimbingan karir, dan ahli teknologi informasi, serta melalui kegiatan FGD. Kepraktisan model dinilai oleh guru bimbingan karir kejuruan melalui angket uji kepraktisan. Efektivitas model dinilai menggunakan uji analisis paired-sample t-test dan uji analisis Wilcoxon. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) konstruk filosofis dan teoritik dalam pengembangan model bimbingan karir kejuruan mandiri berbasis sistem pakar; (2) model bimbingan karir kejuruan mandiri berbasis sistem pakar layak digunakan dengan kriteria sangat baik berdasarkan penilaian ahli pendidikan kejuruan dengan nilai rata-rata 3,73 dan penilaian ahli bimbingan karir dengan nilai rata-rata 3,64; dan (3) model bimbingan karir kejuruan mandiri berbasis sistem pakar praktis untuk digunakan, dengan nilai rata-rata 3,96 pada kriteria sangat baik, serta efektif dapat meningkatkan sikap kemandirian karir dan pengetahuan karir siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: bimbingan karir kejuruan, sikap kemandirian karir, pengetahuan karir, sistem pakar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Apr 2025 03:00
Last Modified: 25 Apr 2025 03:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86613

Actions (login required)

View Item View Item