Pengaruh Proyek Pembelajaran Berbasis Reverse Engineering dan Kemampuan Spasial terhadap Keterampilan Mendesain Produk Berbantuan Komputer.

Ngadiyono, Yatin and Pardjono, Pardjono (2024) Pengaruh Proyek Pembelajaran Berbasis Reverse Engineering dan Kemampuan Spasial terhadap Keterampilan Mendesain Produk Berbantuan Komputer. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_yatin ngadiyono_17702264013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pengaruh model pembelajaran reverse engineering terhadap prestasi belajar mendesain produk dengan pengendalian kemampuan spasial mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan menggunakan desain faktorial 2x3 yang melibatkan 90 mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Mesin UNY sebagai sampel. Subjek penelitian adalah 15 mahasiswa/kelompok, dan ada tiga kelompok/kelas yang mendapat perlakuan model pembelajaran reverse engineering. Pengumpulan data kemampuan spasial menggunakan test pilihan ganda, sementara skor produk desain dinilai menggunakan rubrik. Data dianalisis menggunakan analisis kovarian berbantuan SPSS 26. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Hasil belajar perancangan produk kelompok mahasiswa yang diberi model pembelajaran reverse engineering lebih tinggi dari pada hasil belajar kelompok mahasiswa yang diberi model pembelajaran forward engineering, dengan mengontrol kemampuan spasial. (2) Ada pengaruh tingkat kemampuan spasial mahasiswa terhadap kemampuan mendesain produk dengan mengontrol model pembelajaran. (3) Terdapat perbedaan hasil pembelajaran perancangan produk sebagai hasil perbedaan tingkat spasial dan perlakuan model pembelajaran. Perbedaan antar kelompok eksperimen dapat dikemukakan sebagai berikut: a) pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan spasial tinggi, hasil belajar perancangan produk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan; b) pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan spasial sedang, hasil belajar perancangan produk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak terdapat perbedaan yang signifikan; c) pada kelompok mahasiswa yang memiliki kemampuan spasial rendah, hasil belajar perancangan produk kelompok eksperimen dan kelompok kontrol terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini belum sempurna dan masih perlu kajian lebih lanjut, terutama pemanfaatan teknologi baru dan pre knowledge selain kemampuan spasial.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: desain produk, reverse engineering, spasial
Subjects: Teknik & Teknologi > Komputer
Vocational > Technology and Engineering
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:40
Last Modified: 24 Apr 2025 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86608

Actions (login required)

View Item View Item