Pengembangan Media Pembelajaran MOMA (Money Management) untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan.

Saputri, Agatha and Purwanta, Edi (2024) Pengembangan Media Pembelajaran MOMA (Money Management) untuk Meningkatkan Literasi Keuangan Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_agatha saputri_21703261036.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran MOMA (Money Management) untuk meningkatkan literasi keuangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan, (2) menganalisis validitas media pembelajaran MOMA (Money Management) untuk meningkatkan literasi keuangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan, (3) menguji efektivitas media pembelajaran MOMA (Money Management) untuk meningkatkan literasi keuangan siswa Sekolah Menengah Kejuruan, dan (4) mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran MOMA (Money Management) untuk meningkatkan literasi keuangan siswa. Desain model pengembangan menggunakan ADDIE yang meliputi; (1) analisis (2) desain (3) pengembangan (4) implementasi (5) evaluasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI SMK yang terdiri dari SMK Negeri 1 Depok, SMK Negeri 1 Godean, SMK Negeri 1 Yogyakarta, SMK Negeri 1 Bantul, SMK Negeri 1 Wonosari, SMK Negeri 1 Samigaluh, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta tahun ajaran 2023/2024 dengan total siswa 624 siswa. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner, lembar validasi instrumen, lembar validasi materi, dan lembar validasi media pembelajaran. Data dianalisis dengan uji paired t test dan uji independent t-test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) menghasilkan media pembelajaran literasi keuangan berbasis game android memuat materi literasi keuangan dan soal berlevel dengan berbantuan teknologi, (2) media pembelajaran MOMA “Money Management” memenuhi kriteria layak untuk meningkatkan literasi keuangan siswa SMK berdasarkan hasil uji kelayakan dari ahli media, ahli materi, dan ahli instrumen, (3) media pembelajaran MOMA “Money Management” terbukti efektif digunakan untuk meningkatkan literasi keuangan siswa SMK menurut hasil uji ANOVA, dan (4) media pembelajaran MOMA “Money Management” terbukti praktis digunakan di dalam pembelajaran akuntansi SMK menurut guru dan siswa untuk meningkatkan literasi keuangan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: MOMA, media pembelajaran, literasi keuangan, SMK, android, teknolgi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Apr 2025 04:40
Last Modified: 23 Apr 2025 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86602

Actions (login required)

View Item View Item