Pengembangan E-Atlas Pembedahan Anatomi Hewan Berbasis Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Praktik Pembedahan bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi.

Sulistiyawati, Sulistiyawati and Hanum, Farida (2024) Pengembangan E-Atlas Pembedahan Anatomi Hewan Berbasis Model Pembelajaran Flipped Classroom untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Praktik Pembedahan bagi Mahasiswa Pendidikan Biologi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_sulistiyawati_20703261020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Pembelajaran anatomi hewan di perguruan tinggi masih menggunakan model pembelajaran tradisional dan media pembelajaran manual sehingga membutuhkan waktu yang ekstra. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain media pembelajaran e-atlas pembedahan anatomi hewan berbasis model pembelajaran flipped classroom yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan praktik pembedahan bagi mahasiswa pendidikan biologi. Prosedur penelitian menggunakan model ADDIE dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap analisis matakuliah, peserta didik dan kebutuhan; (2) tahap desain media pembelajaran e-atlas pembedahan anatomi hewan berbasis model pembelajaran flipped classroom; (3) tahap pengembangan yang meliputi pengembangan produk awal, uji validasi ahli produk awal, revisi produk awal, dan uji kepraktisan produk awal; (4) tahap implementasi; dan (5) tahap evaluasi untuk menyimpulkan hasil pembelajaran anatomi hewan menggunakan media pembelajaran e-atlas pembedahan anatomi hewan berbasis model pembelajaran flipped classroom berdasarkan nilai pretest, posttest, dan checklist keterampilan pembedahan hewan. Hasil penelitian pada tahap analysis dan design adalah bahwa desain media pembelajaran e-atlas pembedahan anatomi hewan berbasis model pembelajaran flipped classroom telah berhasil dirancang dan pada tahap development telah berhasil dikembangkan dan dinyatakan layak oleh ahli materi maupun ahli media serta dinyatakan praktis oleh mahasiswa. Berikutnya pada tahap implementation, e- atlas pembedahan anatomi hewan berbasis model pembelajaran flipped classroom lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan praktik pembedahan bagi mahasiswa pendidikan biologi dengan rata-rata persentase gain score sebesar 131,21% dan rata-rata gain score ternormalisasi sebesar 0,75 sehingga termasuk kategori tinggi serta rata-rata persentase penguasaan teknik pembedahan hewan sebesar 100% dan rata-rata skor checklist keterampilan praktik pembedahan hewan mahasiswa sebesar 11,00/11,00. Efektifitas pembelajaran anatomi hewan dengan e-atlas pembedahan anatomi hewan berbasis model pembelajaran flipped classroom telah dicapai melalui tahapan-tahapan pendekatan pembelajaran saintifik. Oleh karena itu, jika pendekatan pembelajaran saintifik dilaksanakan sesuai dengan tahapan-tahapannya dan memenuhi tuntutan perkembangan zaman serta sesuai dengan karakteristik kebutuhan mahasiswa terhadap model dan media pembelajaran yang digunakan, maka pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran saintifik akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: anatomi hewan, e-atlas, flipped classroom, pembedahan hewan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Apr 2025 02:46
Last Modified: 23 Apr 2025 02:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86596

Actions (login required)

View Item View Item