Kalsum, Ummi and Paidi, Paidi (2024) Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Mengkreasi Pengetahuan Faktual, Konseptual, dan Prosedural Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_ummi kalsum_17703261044.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menentukan profil/karakteristik model FCBP, menghasilkan model pembelajaran FCBP yang: (2) layak, (3) praktis, dan (4) efektif untuk meningkatkan kemampuan mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural mahasiswa S1 Pendidikan Biologi. Penelitian ini merupakan Design and Development Research (DDR). Model pembelajaran FCBP yang dikembangkan diuji coba melalui: (1) uji kelayakan melalui reviu dan penilaian dosen ahli pendidikan, ahli materi dan evaluasi; (2) uji kepraktisan melalui observasi keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model FCBP, angket tanggapan dosen dan mahasiswa pengguna setelah penerapan model; (3) uji keefektifan model dengan eksperimen kuasi menggunakan desain pretest-posttest control group design pada mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Islam Riau. Instrumen penelitian meliputi lembar reviu dan penilaian dosen ahli, tes kemampuan mengkreasi, lembar observasi keterlaksanaan model FCBP, dan kuesioner tanggapan dosen dan mahasiswa pengguna model FCBP. Data hasil reviu dan penilaian dosen ahli dianalisis secara deskriptif kualitatif, data hasil observasi keterlaksanaan model FCBP serta tanggapan dosen dan mahasiswa pengguna model FCBP dianalisis secara deskriptif kuantitatif, dan data kemampuan mengkreasi mahasiswa dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan, (1) Struktur sintaks pembelajaran model FCBP meliputi pembelajaran mandiri flipped classroom, pengembangan ide proyek, pertanyaan menantang/mendasar, perancangan proyek, peluncuran proyek, pelaksanaan proyek, pemeriksaan dan revisi produk, presentasi hasil proyek, revisi dan penyempurnaan. Perangkat pendukung pembelajaran terdiri dari bahan ajar, RPS, LKM, peragkat penilaian. (2) Model pembelajaran FCBP layak menurut dosen ahli pendidikan, ahli materi, dan ahli evaluasi; (3) praktis menurut dosen pengguna dan mahasiswa; dan (4) efektif berdasarkan nilai N-Gain peningkatan kemampuan mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural, serta berdasarkan hasil uji independent sample t-test hasil post-test pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Model pembelajaran FCBP layak, praktis, dan efektif untuk mengembangkan kemampuan mengkreasi pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural mahasiswa pada materi bioteknologi fermentasi.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | FCBP, Kemampuan Mengkreasi, Pengetahuan Faktual/Konseptual/Prosedural |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi Pendidikan > Media Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 02:53 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 02:53 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86435 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |