PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI LIMBASARI KECAMATAN BOBOBTSARI KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012

Arbangatun, Fitria Ningrum (2012) PENGARUH MODEL COOPERATIVE LEARNING TEKNIK MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS IV SD NEGERI LIMBASARI KECAMATAN BOBOBTSARI KABUPATEN PURBALINGGA JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244155.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244155.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244155.pdf

Download (655kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244155.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244155.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model Cooperative Learning teknik Make a Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri Limbasari tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi exsperiment). Desain penelitian ini menggunakan Pre Test Post Test Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Limbasari sebanyak 40 siswa, yang terdiri dari dua kelas paralel, kelas IV A sebagai kelas kontrol dan kelas IV B sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan dokumentasi. Instrumen diuji menggunakan validitas konstruk dengan pendapat ahli (expert judgment). Tes yang digunakan dalam penelitian telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda. Uji reliabilitas instumen dengan rumus Alpha Chronbach diperoleh nilai reliabilitas hitungan sebesar 0,959. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t, yaitu dengan melihat perbedaan hasil belajar IPS pada kelas eksperimen dan kelas kontrol pada taraf signifikan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas eksperimen mempunyai nilai rata- rata sebesar 78,4992 dan kelas kontrol menunjukkan nilai rata-rata sebesar 69,4993. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada hasil Post Test mata pelajaran IPS pada siswa yang diberi perlakuan (kelas eksperimen) dengan model Cooperative Learning teknik Make a Match dengan siswa yang tidak diberi perlakuan (kelas kontrol). Untuk mengetahui perbedaan yang nyata maka dilakukan analisis statistik dengan uji-t yang didapatkan harga t sebesar 2,209. Dengan demikian penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh model Cooperative Learning teknik Make a Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV. Kata kunci: Hasil Belajar IPS, Model Cooperative Learning teknik Make a Match

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar IPS, Model Cooperative Learning teknik Make a Match
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 06:48
Last Modified: 29 Jan 2019 17:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8627

Actions (login required)

View Item View Item