Pengembangan Model Pembelajaran Metatips untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa di Sekolah Dasar.

Sunanto, Liyana and Dardiri, Achmad (2024) Pengembangan Model Pembelajaran Metatips untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa di Sekolah Dasar. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_liyana sunanto_17703261049.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan model pembelajaran metatips yang valid, (2) menemukan tingkat kepraktisan model pembelajaran metatips untuk siswa sekolah dasar, dan (3) menemukan tingkat keefektifan model pembelajaran metatips untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian pengembangan yang disederhanakan menjadi 3 tahapan utama yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan produk model pembelajaran metakognitif 3B meliputi: (a) pengembangan prototype model, (b) uji ahli diikuti revisi, (c) uji satu-satu diikuti revisi, (d) uji terbatas diikuti revisi, (3) implementasi dan evaluasi dengan uji lapangan luas dan eksperimen pretest-posttest group design dilanjutkan revisi dan finalisasi. Teknik penumpulan data dengan tes, angket, wawancara dan observasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan: (1) model pembelajaran metatips telah memenuhi kategori valid dengan skor penilaian rerata 3,68 (valid); (2) model pembelajaran mettaips telah memenuhi tingkat kepraktisan yang dibuktikan dengan tingkat kesepahaman antar penilai sebesar 3,61 (praktis); dan (3) model pembelajaran metatips terbukti dapat meningkatkan kemmapuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa di sekolah dasar dengan perolehan skor uji-t masing-masingnya 0,39 pada kemampuan pemecahan masalah dan 0,48 pada kemampuan komunikasi matematis.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran metatips, pemecahan masalah, komunikasi matematis, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 20 Mar 2025 07:34
Last Modified: 20 Mar 2025 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85913

Actions (login required)

View Item View Item