Hermeneutika Pembelajaran Matematika di SMP Yogyakarta.

Murniati, Murniati and Sugiman, Sugiman (2024) Hermeneutika Pembelajaran Matematika di SMP Yogyakarta. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_murniati_17703261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengeksplorasi pengelolan pembelajaran Matematika di kelas; (2) menggali interaksi yang terjadi antara guru, siswa, dan konten Matematika dalam pembelajaran Matematika siswa SMP; (3) mengungkap Mathematical Thinking siswa SMP. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan Hermeneutic phenomenology. Penelitian dilakukan di kelas VIII semester genap tahun pelajaran 2023/2024 SMP Yogyakarta. Subjek penelitian adalah 32 siswa kelas VIII B dengan 4 siswa serta 1 guru sebagai partisipan wawancara. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, video, dan studi dokumentasi. Keabsahan data meliputi credibility, transferability, dan dependability. Analisis data meliputi: (1) Deskriptif meliputi, menyiapkan data penelitian secara detail berupa hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, (2) Interpretatif, memberikan makna pada pengalaman partisipan, (3) Menyajikan hasil temuan, (4) Membangun hubungan kategori-kategori, (5) Menguji keabsahan klasifikasi-klasifikasi yang telah dikonstruksi berdasarkan data yang telah terkumpul. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Interaksi guru dengan perangkat pembelajaran Matematika meliputi: guru menggunakan pendekatan problem based learning, pendekatan kontekstual, media pembelajaran, guru sebagai agen pembaharu (agent of change). (2) Interkasi dua arah antara guru- siswa: guru menggunakan pertanyaan socratec, umpan balik, dan memberi penghargaan (3) Interaksi antara sesama siswa: kolaboratif matematika dan kepimpinan (4) interaksi antara siswa-konten Matematika, meliputi: literasi matematika dan disposisi matematika (6) Mathematical thinking berkaitan dengan sikap Matematika, yaitu; (a) mencoba memahami masalah, tujuan, atau substansi (b) mencoba melakukan tindakan logis, (c) mencoba mengungkapkan masalah dengan jelas dan ringkas, dan (d) mencoba mencari hal yang lebih baik; (7) Mathematical thinking berkaitan metode Matematika, meliputi: berpikir induktif, analogis, deduktif, abstrak, (8) Mathematical thinking berkaitan dengan isi Matematika yaitu: (a) mencoba mengekspresikan proposisi dan hubungan rumus, iii dan membaca artinya (ide rumus) (b) mencoba memahami gambaran besar objek dan operasi, dan menggunakan hasil dari pemahaman (ide pendekatan), (c) berfokus pada aturan dan sifat dasar (ide sifat fundamental).

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: hermeneutika, pembelajaran Matematika, mathematical thinking
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2025 04:46
Last Modified: 03 Mar 2025 04:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85891

Actions (login required)

View Item View Item