Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Enginering Practice Bermuatan Indigenous Knowledge untuk Meningkatkan Literacy Siswa Sekolah Dasar.

Ratnasari, Yuni and Prodjosantoso, Anti Kolonial (2024) Pengembangan Model Pembelajaran IPA Berbasis Enginering Practice Bermuatan Indigenous Knowledge untuk Meningkatkan Literacy Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_yuni ratnasari_17703261020.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran IPA berbasis enginering practice bermuatan indigenous knowledge yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan literacy siswa sekolah dasar pada materi perpindahan kalor dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini merupakan research and development dengan desain 4-D sesuai teori Thiagaraja yaitu define, design, develope, dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah SD Negeri 1 Bae dan SD Negeri 2 Bae Kudus, Jawa Tengah. Data dikumpulkan menggunakan tes, angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Data penelitian ini meliputi data hasil analisis permasalahan dan kebutuhan dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar, data hasil validasi produk oleh pakar, data keterlaksanaan model pembelajaran IPA dalam uji coba produk, serta data hasil uji efektivitas produk. Uji coba produk skala terbatas dengan cara one group pretest-posttest design. Uji coba produk skala luas dengan cara pretest posttest control group design. Hasil penelitian pengembangan model pembelajaran IPA berbasis enginering practice bermuatan indigenous knowledge diperoleh: (1) buku model, bahan ajar, RPP, lembar observasi literacy, dan lembar keterlaksanaan layak untuk digunakan menurut ahli, dengan kategori sangat tinggi, (2) model pembelajaran IPA berbasis enginering practice bermuatan indigenous knowledge yang dihasilkan praktis untuk dilaksanakan, dengan kategori tinggi, (3) model pembelajaran IPA berbasis enginering practice bermuatan indigenous knowledge yang dihasilkan efektif dalam meningkatkan literacy siswa. Kesimpulannya, model pembelajaran IPA berbasis enginering practice bermuatan indigenous knowledge dapat meningkatkan literacy siswa.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: literacy, indigenous knowledge, EPs
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Mar 2025 03:21
Last Modified: 03 Mar 2025 03:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85886

Actions (login required)

View Item View Item