PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 YOGYAKARTA

FAJAR, WIDYASTUTI (2012) PERAN HUMAS DALAM MEMBANGUN CITRA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 4 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08402241023.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - 08402241023.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - 08402241023.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V - 08402241023.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran - 08402241023.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan peran humas dalam rangka membangun citra SMK N 4 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari beberapa informan yaitu Kepala Sekolah, WakasekHubungan Masyarakat, dan salah satu Staf Hubungan Masyarakat. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan peran humas dalam rangka membangun citraSMK N 4 Yogyakarta meliputi peran sebagai komunikator, peran sebagai pembina hubungan baik dan peran sebagai pembentuk citra. Wujud kegiatan peran sebagai komunikatormeliputi rapat formal, presentasi profil sekolah, kerjasama dengan DU/DI, penyampaian informasi kepada alumni, pemerintah dan masyarakat umum. Wujud kegiatan sebagai Pembina hubungan meliputi: pengajian bersama, membentuk Ikatan Keluarga guru dan karyawan,perayaan ulang tahun sekolah, dan turnamen-turnamen. Wujud kegiatan sebagai pembentuk citra meliputi:menciptakan suasana kondusif sekolah,meningkatkan kualitas pendidikan, dan kinerja guru, pelayanan terhadap publik. Media komunikasi yang digunakan dalam melaksanaan kegiatan meliputi : media langsung dan media komunikasi tidak langsung. Kendala-kendala Humas antara lain fungsi humas belum berfungsi secara optimal karena pengurus humas mempunyai fungsi gandayaitu merangkap sebagai guru mata pelajaran,terbatasnya waktu yang dimiliki pengurus humas yang kadang tidak dapat melayani publik eksternal secara optimal. Ketidakpuasaan publik internal dengan hasil kerja humas.Usaha humas untuk mengatasi kendala tersebut adalah pembuatan agenda pada setiap pengurus humas agar pengurus humas dapat menjalankan dengan baik tugas sebagai guru dan peran sebagai humas. Pengurus humas menggunakan jam di luar sekolah (selasai KBM) untuk pelayanan terhadap publik eksternal, rapat rutin dijadikan media komunikasi dengan publik internal antara guru, karyawan, dan Kepala Sekolah untuk bertukar pendapat yang berguna bagi berkembangan SMK N 4 Yogyakarta.Sasaran hubungan masyarakat adalah publik internal yaitu seluruh warga sekolah meliputi Kepala Sekolah, guru,karyawan,siswa-siswi SMK N 4 Yogyakarta,publik eksternal meliputi DU/DI,masyarakat sekitar. Kata Kunci : peran humas, citra

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peran humas, citra
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 02:43
Last Modified: 29 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8583

Actions (login required)

View Item View Item