PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012

ANDRIANA OVI, KRISTANTI (2012) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KALASAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -09403247016.pdf

Download (793kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -09403247016.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -09403247016.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -09403247016.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -09403247016.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kalasan; (2) mengetahui pengaruh Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kalasan; (3) mengetahui pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kalasan dan (4) mengetahui pengaruh Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kalasan yang berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan product moment, dan uji reliabilitas dengan rumus alpha. Uji prasyarat analisis menggunakan uji linearitas dan uji multikolinearitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx1.y) sebesar 0,509, koefisien determinasi (r2 x1.y) sebesar 0,259 dan thitung sebesar 5,320 > ttabel 1,980; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx2.y) sebesar 0,511 koefisien determinasi (r2 x2.y) sebesar 0,261 dan thitung sebesar 5,350 > ttabel 1,980; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (rx3.y) sebesar 0,551, koefisien determinasi (r2 x3.y) sebesar 0,304 dan thitung sebesar 5,942 > ttabel 1,980; (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi, ditunjukkan dengan koefisien korelasi (Ry(1,2,3)) sebesar 0,685 koefisien determinasi (R2 y(1,2,3)) sebesar 0,469 dan Fhitung sebesar 23,219 > Ftabel 2,72. Penelitian ini menunjukkan besarnya sumbangan efektif dari Motivasi Belajar, Minat Belajar dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Akuntansi sebesar 46,9%, dengan rincian Motivasi Belajar 13,9%, Minat Belajar 16,5% dan Perhatian Orang Tua 16,5%. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa keseluruhan analisis ini mendukung hipotesis yang diajukan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Akuntansi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 02:44
Last Modified: 29 Jan 2019 17:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8580

Actions (login required)

View Item View Item