Dian Puspita , Cahyaningsih (2012) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII B MELALUI PENERAPAN METODE KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP N 2 MREBET PURBALINGGA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
1 - 08416241021.pdf Download (409kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I - 08416241021.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II - 08416241021.pdf Download (103kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V - 08416241021.pdf Download (234kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN - 08416241021.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Motivasi belajar siswa kelas VIII B di SMP Negeri 2 Mrebet Purbalingga masih rendah. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya proses pembelajaran yang belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan motivasi belajar siswa setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada pembelajaran IPS di kelas VIII B SMP N 2 Mrebet Purbalingga karena motivasi belajar siswa di kelas tersebut masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan subjek penelitian siswa kelas VIII B SMP Negeri 2 Mrebet Purbalingga tahun ajaran 2011/2012 dengan jumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data digunakan teknik triangulasi data. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila rata-rata persentase indikator motivasi belajar siswa mencapai persentase di atas 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mulai dari siklus I, siklus II, dan siklus III mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS di kelas VIII B SMP N 2 Mrebet Purbalingga. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan persentase indikator motivasi belajar siswa setiap siklusnya. Pada siklus I persentase indikator motivasi belajar siswa adalah 52% termasuk dalam kategori rendah. Pada siklus II meningkat menjadi 65% yang masih dalam kategori rendah. Pada siklus III meningkat menjadi 78%. Hal ini berarti bahwa rata-rata persentase indikator motivasi belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan tindakan yang ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Team Assisted Individualization (TAI), Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Team Assisted Individualization (TAI), Motivasi Belajar Siswa, Pembelajaran IPS |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 11 Dec 2012 02:31 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8559 |
Actions (login required)
View Item |