PENGARUH PERKULIAHAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PELATIHAN ESQ TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2010

Ayuning, Mustika Ati (2012) PENGARUH PERKULIAHAN PENDIDIKAN KARAKTER DAN PELATIHAN ESQ TERHADAP PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN ADMINISTRASI PERKANTORAN FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2010. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08402241036.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08402241036.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08402241036.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08402241036.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08402241036.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: 1) Perkuliahan Pendidikan Karakter terhadap Pembentukan Kepribadian; 2) Pelatihan ESQ) terhadap Pembentukan Kepribadian; dan 3) Perkuliahan Pendidikan Karakter dan Pelatihan ESQ secara bersama-sama terhadap Pembentukan Kepribadian. Penelitian ini adalah penelitian expost facto dengan subyek penelitian mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2010 yang berjumlah 85 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner), dan wawancara. Uji coba instrumen dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2009 yang berjumlah 30 orang. Uji validitas instrument menggunakan teknik analisis Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Analisis regresi sederhana digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel bebas secara sendiri-sendiri dengan variabel terikat, sedangkan untuk mengetahui kedua variabel bebas secara bersama-sama dengan variabel terikat digunakan analisis regresi ganda dengan dua prediktor. Sebelum menganalisis data, terlebih dahulu dilakukan pengujian prasyarat analisis meliputi uji linieritas dan uji multikolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Perkuliahan Pendidikan Karakter berpengaruh secara signifikan terhadap Pembentukan Kepribadian dengan koefisien korelasi sebesar 0,522 dan thitung lebih besar dari ttabel dengan N = 85 pada taraf signifikansi 5% (5,576 > 2,00); 2) Pelatihan ESQ berpengaruh secara signifikan terhadap Pembentukan Kepribadian ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0,688 dan thitung lebih besar dari ttabel dengan N = 85 pada taraf signifikansi 5% (8,645 > 2,00); dan 3) Perkuliahan Pendidikan Karakter dan Pelatihan ESQ secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap Pembentukan Kepribadian, dengan koefisien korelasi sebesar 0,691 dan Fhitung lebih besar dari Ftabel (37,431 > 3,44) serta koefisien determinasi sebesar 0,477. Sedangkan sumbangan efektif masing-masing variabel sebesar 4,3% untuk variabel perkuliahan pendidikan karakter dan 43,5% untuk variabel pelatihan ESQ sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: Perkuliahan Pendidikan Karakter, Pelatihan ESQ, Pembentukan Kepribadian

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Perkuliahan Pendidikan Karakter, Pelatihan ESQ, Pembentukan Kepribadian
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 02:25
Last Modified: 29 Jan 2019 17:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8548

Actions (login required)

View Item View Item