Astuti, Erni Puji and Hanum, Farida (2024) Desain Local Instruction Theory Berbasis Etnomatematika Permainan Tradisional Jawa untuk Mengembangkan Kemampuan Numerasi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
disertasi_erni puji astuti_19703261006.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Desain pembelajaran dibutuhkan dalam meningkatkan kualitas proses guna mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesulitan siswa dalam numerasi, mengidentifikasi pemetaan permainan tradisional Jawa terhadap konsep-konsep matematika sebagai sumber belajar dalam pembelajaran numerasi, mengidentifikasi keyakinan guru terhadap pembelajaran numerasi berbasis etnomatematika permainan tradisional Jawa, menghasilkan Hypothetical Learning Trajectory (HLT) berbasis etnomatematika permainan tradisional Jawa untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa, mengidentifikasi profil kemampuan numerasi siswa setelah diterapkan HL T berbasis etnomatematika permainan tradisional Jawa pada pembelajaran numerasi, dan menghasilkan desain Local Instruction Theory (LIT) berbasis etnomatematika permainan tradisional Jawa untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa. Penelitian ini menggunakan design research dengan tahapan preliminary design, design experiment (pilot experiment dan teaching experiment), dan retrospective analysis dengan metode kuantitatif dan kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini ditentukan dengan teknik simple random sampling, purposive sampling, dan cluster random sampling. Data dikumpulkan melalui studi dokumen, observasi, wawancara, tes, FGD, dan angket. Instrumen penelitiannya berupa soal tes numerasi, lembar observasi, pedoman wawancara, lembar FGD, angket keyakinan guru, dan angket respon siswa. Instrumen penelitian dan HLT divalidasi oleh ahli pendidikan matematika. Analisis data kuantitatif dengan persentase dan analisis data kualitatif dengan data reduction, data display, dan conclusion drawn/verification. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan pemahaman, pemrosesan matematis, dan penafsiran merupakan kesulitan siswa dalam numerasi yang dominan dilakukan oleh siswa. Permainan tradisional Jawa mengandung konsep-konsep matematika yang terdapat pada arena permainan, aturan permainan, dan alat yang digunakan untuk bermain. Pada permainan ganjilan, lurahan/pathilan, gatheng, dan bola bekel mengandung konsep operasi bilangan, geometri, aritmetika sosial, dan peluang. Guru memiliki keyakinan bahwa numerasi merupakan kemampuan dalam mengaplikasikan konsep dan keterampilan matematika untuk memecahkan masalah kehidupan sehari-hari dalam berbagai konteks, penggunaan permainan tradisional Jawa dalam pembelajaran numerasi memiliki peran bermakna (esensial) sebagai sarana dalam menemukan konsep-konsep matematika, pengajaran numerasi berbasis etnomatematika, dan pembelajaran numerasi berbasis etnomatematika dapat mendukung kemampuan numerasi siswa. HLT berbasis etnomatematika permainan tradisional Jawa dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa. Siswa memiliki kemampuan dalam merumuskan, menerapkan, menginterpretasi, dan mengevaluasi setelah diterapkan HLT berbasis etnomatematika permainan tradisional Jawa pada pembelajaran numerasi. LIT berbasis etnomatematika permainan tradisional Jawa dengan lintasan belajar siswa yaitu game orientation, formulate, employ, interpret dan evaluate dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan numerasi siswa.
Item Type: | Thesis (S3) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | etnomatematika, permainan tradisional Jawa, lintasan belajar, local instruction theory, numerasi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Bahasa Jawa Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Budaya Jawa Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Pendidikan Jawa |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 06 Feb 2025 08:01 |
Last Modified: | 06 Feb 2025 08:01 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/85356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |