PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN ILMU-ILMU SOSIAL DI SMA N 1 TEMPEL

A Anis, Fitriyyah (2012) PENGGUNAAN BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK (BSE) SEBAGAI SUMBER BELAJAR DALAM PROSES PEMBELAJARAN ILMU-ILMU SOSIAL DI SMA N 1 TEMPEL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 08405241032.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08405241032.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08405241032.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08405241032.pdf

Download (559kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08405241032.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan, penggunaan dan kendala dalam penggunaan Buku sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dimaksudkan untuk menggambarkan kesiapan guru ilmu-ilmu sosial, penggunaan dan kendala dalam penggunaan Buku sekolah Elektronik (BSE) sebagai sumber belajar dalam proses pembelajaran ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel. Informan utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran ilmu-ilmu sosial dan informan pendukung adalah kepala sekolah dan wakil kepala sekolah urusan kurikulum. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk validitas data penulis juga menggunakan trianggulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif meliputi tahap reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kesiapan guru ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel dalam penggunaan BSE mata pelajaran ilmu-ilmu sosial kurang baik hal ini dapat dilihat dari pemahaman guru yang masih kurang terhadap BSE dan tingkat penguasaan IT yang belum baik 2) Penggunaan BSE mata pelajaran ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel belum terlaksana dengan baik, para guru dan siswa menggunakan LKS atau buku paket selain BSE dalam proses pembelajaran 3) Kendala yang dialami dalam penggunaan BSE mata pelajaran ilmu-ilmu sosial di SMA N 1 Tempel adalah kesiapan sekolah yang belum maksimal, sosialisasi dari pihak dinas setempat belum maksimal, penguasaan IT bagi guru masih tergolong rendah, sarana prasarana sudah memadai tetapi belum dimanfaatkan dengan maksimal, siswa tidak aktif. Kata kunci: Buku Sekolah Elektronik (BSE), sumber belajar, ilmu-ilmu sosial, SMA

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Buku Sekolah Elektronik (BSE), sumber belajar, ilmu-ilmu sosial, SMA
Subjects: Ilmu Sosial > Geografi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 00:53
Last Modified: 29 Jan 2019 17:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8526

Actions (login required)

View Item View Item