Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Truth-Seeking Siswa SMA pada Pembelajaran Matematika.

Lestari, Pratiwi Mega and Rosnawati, Raden (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian untuk Mengukur Truth-Seeking Siswa SMA pada Pembelajaran Matematika. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_pratiwi mega lestari_22701254003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan konstruk instrumen penilaian untuk mengukur truth-seeking siswa SMA pada pembelajaran matematika, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen penilaian untuk mengukur truth-seeking siswa SMA pada pembelajaran matematika, (3) mendeskripsikan karakteristik butir instrumen penilaian untuk mengukur truth-seeking siswa SMA pada pembelajaran matematika, (4) mendeskripsikan kepraktisan instrumen penilaian untuk mengukur truth-seeking siswa SMA pada pembelajaran matematika, dan (5) mengidentifikasi profil truth-seeking siswa SMA pada pembelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahapan pengembangan memodifikasi model pengembangan tes Mardapi, Istiyono, dan Retnawati yang terdiri dari 10 tahapan pengembangan, yaitu perencanaan tes, menulis dan merakit butir tes, menyusun rubrik penskoran, validasi isi melalui expert judgement, merevisi butir soal, uji coba tes, analisis butir soal, merakit instrumen tes, melaksanakan pengukuran, dan menafsirkan hasil pengukuran. Uji coba instrumen terbagi atas dua tahap yaitu uji coba terbatas dan uji coba skala luas yang melibatkan siswa kelas X di SMA Negeri Tanjungpinang. Validasi isi dibuktikan melalui expert judgement menggunakan formula Aiken’s V, dan validitas konstruk dibuktikan melalui CFA. Karakteristik butir instrumen dianalisis menggunakan analisis IRT model PCM. Hasil penelitian sebagai berikut (1) Konstruk truth-seeking pada penelitian ini terdiri dari tiga sub aspek, yaitu pemahaman mendalam, evaluasi asumsi, dan perhatian pada detail. (2) Validitas instrumen tergolong baik dengan indeks V Aiken sebesar 0,733 sampai dengan 0,867; p-value sebesar 0,08 dan RMSEA sebesar 0,04; reliabilitas instrumen tergolong tinggi dengan koefisien Alpha sebesar 0,746. (3) Seluruh butir tes tergolong baik dengan tingkat kesukaran butir dari 0,029 sampai 1,386; instrumen penilaian fit dengan model IRT 1PL dengan nilai infit sebesar 0,720 sampai 1,066; instrumen penilaian memberikan informasi akurat pada theta dari -1,5 sampai +3,11 dan informasi tertinggi pada theta 0,58. (4) Respon dari 76,45% siswa dan 91,03% guru menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan berada pada kategori praktis. (5) Profil truth-seeking siswa bervariasi pada rentang nilai -0,947 hingga 1,356.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: instrumen penilaian, pembelajaran matematika, truth-seeking
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 Jan 2025 03:09
Last Modified: 08 Jan 2025 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84840

Actions (login required)

View Item View Item