Rosidah, Rosidah and Istiyono, Edi (2024) Evaluasi Pembelajaran IPA Pendekatan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM) di SMP Negeri Se-Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
tesis_rosidah_22701251022.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan instrumen evaluasi pembelajaran IPA pendekatan STEM yang akurat; dan (2) mengevaluasi perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran IPA pendekatan STEM di SMP negeri se-Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi menggunakan pendekatandeskriptif kuantitatif yang didahului dengan pengembangan instrumen evaluasi. Model dan prosedur pengembangan menggunakan model Plomp yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian. Model evaluasi yang digunakan yaitu Discrepancy Model Evaluation. Populasi dalam penelitian ini adalah SMP negeri se-Yogyakarta yang melaksanakan pembelajaran IPA pendekatan STEM. Sampel penelitian adalah 10 SMP negeri dengan 328 peserta didik, yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan angket serta melalui observasi dan telaah dokumen. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan formula Aiken’s dan validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis. Estimasi reliabilitas menggunakan uji Cronbach Alpha. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk mengukur tingkat keberhasilan/kesesuaian pembelajaran IPA pendekatan STEM pada Standar Proses Pendidikan disesuaikan dengan Pedoman Penerapan Kurikulum Merdeka mengacu pada kategorisasi terdiri dari, sangat baik, baik, cukup, kurang, dan sangat kurang. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) instrumen yang dihasilkan berupa pedoman observasi, angket peserta didik, angket guru, dan pedoman telaah dokumen evaluasi pembelajaran IPA pendekatan STEM di SMP yang akurat dan dapat digunakan. (2) Perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian terlaksana dengan sangat baik sesuai standar yang ditetapkan, terbukti dengan tingkat kesesuaian secara berurutan sebesar 96,45%; 99,71%; 97,56% dan kesenjangan sebesar 3,55%; 0,29%; 2,44%. Hasil evaluasi ini dapat menjadi salah satu acuan untuk menerapkan pembelajaran IPA dengan pendekatan STEM di sekolah-sekolah. Rekomendasi yang diberikan antara lain: sekolah sebaiknya mengadakan pelatihan lanjutan bagi guru dalam penerapan STEM, dalam menyusun modul ajar guru sebaiknya fleksibel, fasilitas dan sumber daya pembelajaran STEMditingkatkan, review dan penyesuaian kurikulum dilakukan secara berkala, dan perlu dikembangkan sistem evaluasi dan penilaian yang lebih komprehensif.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, IPA, model evaluasi kesenjangan, STEM |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 06:12 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 06:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84826 |
Actions (login required)
View Item |