PENGEMBANGAN APLIKASI WAYANG NUSANTARA BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI SERANGAN YOGYAKARTA

Alim, Fitrah Restu (2024) PENGEMBANGAN APLIKASI WAYANG NUSANTARA BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA UNTUK SISWA KELAS IV SD NEGERI SERANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Full Text Skripsi_Fitrah Restu Alim_21108241118_PGSD.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan aplikasi Wayang Nusantara berbasis Augmented Reality materi Wayang Pandawa pada pembelajaran Bahasa Jawa yang layak dan praktis untuk digunakan sebagai salah satu sumber belajar materi Wayang Pandawa untuk siswa kelas IV SD Negeri Serangan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan,dkk (1974). Model 4D memiliki 4 tahap yaitu define, design, develop, dan disseminate. Kelayakan media divalidasi oleh ahli yaitu ahli materi dan ahli media, kepraktisan media akan diujicobakan oleh guru dan siswa. Subjek penelitian adalah 1 guru kelas IV dan 22 siswa kelas IV SD Negeri Serangan Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Wayang Nusantara berbasis Augmented Reality materi Wayang Pandawa pada pembelajaran Bahasa Jawa layak dan praktis untuk digunakan oleh siswa kelas IV sekolah dasar. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil validasi oleh ahli materi memperoleh rata-rata skor 4,4 dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil validasi oleh ahli media memperoleh ratarata skor 4,8 dengan kategori “Sangat Layak”. Uji coba dari hasil angket respon guru memperoleh rata-rata skor 3,9 dengan kategori “Praktis” dan dari angket respon siswa memperoleh rata-rata skor 4,49 dengan kategori “Sangat Praktis”. Kata kunci: Media pembelajaran, Augmented Reality, Wayang Pandawa, Pembelajaran Bahasa Jawa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Bahasa Jawa
Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa > Budaya Jawa
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 30 Dec 2024 01:32
Last Modified: 30 Dec 2024 01:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84771

Actions (login required)

View Item View Item