FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL

Atmini, Iga Dwy (2024) FAKTOR-FAKTOR PENGHAMBAT GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS KELAS 2 DI SEKOLAH DASAR NEGERI GUWO PAJANGAN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi.

[img] Text
Iga Dwy atmini_17108241023_PGSD_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

SD Negeri Guwo merupakan sekolah inklus yang mana guru kelas harus dapat berperan untuk melayani pembelajaran bagi pesertadidik berkebutuhan khusus. Namun jika hal ini tidak dibarengi dengan persiapan seperti adanya guru pendamping khusus, kompetensi guru yang sudah mumpuni maka akan menimbulkan masalah. Realitas lapangan menunjukkan bawa guru SD Negeri gurwo mengalam berbagai hamabatan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hal diatas , penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat bagi guru kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada siswa berkebutuhan khusus di SD Negeri guwo dan untuk mengetahui proses munculnya faktor-faktor penghambat tersebut. Untuk mengetahui tersebut perlu digali dengan metode penelitian kualitatif pendektan studi kasus. Tehnik analisis data pada penelitian ini menggunakan tehnik analisis Mile dan Huberman. Analisis mile dan hubermen merupakan tehnik analisis yang memiliki tahap data collection, data reduction, display data, dan conclusions. Hasil penelitian ini ialah Hambatan pembelajaran bahasa Indonesia pada anak berkebutuhan khusus dalam situasi kelas regular jenjang kelas 2 di SD Negeri Guwo dapat diklasifikasikan menjadi empat, yaitu: 1. Lambatnya pesertadidik dalam mencerna pelajaran , 2. tidak adanya guru pendamping khusus untk siswa berkebutuhan khusus , 3. rendahnya komptensi pedagogik guru, 4. jarang terjalinnya hubungan orang tua pesertadidik ABK dengan guru kelas Adapun fakor penghambat guru dalam pembelaajaran Bahasa Indonesia terjadi melalui beberapa tahap. 1. Tidak adanya guru pendamping khusus untuk siswa berkebuthan khusus , 2. Rendahnya kompetensi pedagogik guru terkait anak berkebutuhan khusus , 3. Jarang terjalinya hubungan antara orang tua guru kelas, 4. Lambatnya pesertadidik dalam mencerna pelajaran Kata kunci: inklusi, komptensi, faktor penghambat, pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 18 Dec 2024 03:14
Last Modified: 18 Dec 2024 03:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84725

Actions (login required)

View Item View Item