Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Fase B di SDN Se-Kabupaten Bima.

Fitriani, Annisa and Harun, Harun (2024) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Matematika Fase B di SDN Se-Kabupaten Bima. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_annisa fitriani_22701251025.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengungkap implementasi Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran matematika fase B di sekolah dasar negeri (SDN) di Kabupaten Bima, (2) menjelaskan dampak implementasi tersebut, dan (3) mengevaluasi implementasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sejumlah 217 siswa SDN di Kabupaten Bima ditetapkan menggunakan teknik stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan penggunaan angket. Analisis validitas isi menggunakan Aiken’s V dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Evaluasi pengukuran menggunakan EFA dan evaluasi struktural menggunakan analisis Structural Equation Modelling. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Guru dan kepala sekolah di Kabupaten Bima sedang beradaptasi dengan implementasi tersebut. (2) Mayoritas sekolah dasar di Kabupaten Bima telah mengadopsi pendekatan pembelajaran yang berorientasi kepada siswa. (3) Tantangan utama dalam implementasi Kurikulum Merdeka di SDN di Kabupaten Bima adalah kurangnya pemahaman dan pelatihan yang memadai, terutama dalam menyusun modul ajar dan asesmen diagnostik. (4) Penilaian formatif dan autentik serta penyusunan modul proyek untuk memperkuat profil pelajar Pancasila menjadi fokus dalam persiapan menggantikan USBN dengan asesmen yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka. (5) Instrumen angket pelaksanaan pembelajaran matematika kurikulum merdeka yang dikaitkan dengan model evaluasi goal oriented meliputi aspek perumusan tujuan, pengklasifikasian tujuan, perumusan tujuan pada istilah perilaku secara terukur, penentuan pencapaian tujuan, pemilihan dan pengembangan metode pengukuran yang tepat, penghimpunan data, dan penganalogian data hasil evaluasi pada tujuan program Kurikulum Merdeka sudah baik. (6) Instrumen pelaksanaan pembelajaran matematika Kurikulum Merdeka dinyatakan valid dan reliabel, serta validitas konstruk sudah baik. (7) Pembelajaran matematika siswa kelas IV pada kurikulum merdeka secara keseluruhan dominan aktif, dilihat dari perilaku siswa saat proses pembelajaran, dan pada saat dilakukan kegiatan berbasis proyek. (8) Perlu dilaksanakan evaluasi pelatihan yang telah diikuti oleh guru dan kepala sekolah, ketersediaan modul ajar, implementasi asesmen diagnostik, dan penyusunan kurikulum operasional, sehingga dapat ditemukan potensi perbaikan dan strategi untuk meningkatkan efektivitas implementasi Kurikulum Merdeka.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, kurikulum merdeka, matematika
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Dec 2024 03:06
Last Modified: 19 Dec 2024 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84666

Actions (login required)

View Item View Item