PERAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MADRASAH ALIYAH KOTA YOGYAKARTA

Unik , Rasyidah (2012) PERAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP) DI MADRASAH ALIYAH KOTA YOGYAKARTA. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1 - 06703254002.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 - 06703254002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Text
BAB 2 - 06703254002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text
BAB 5 - 06703254002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text
LAMPIRAN - 06703254002.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)

Abstract

Kepala sekolah memiliki peranan yang strategis dalam rangka meningkatkan kompetensi guru. Kompetensi guru sangat ditekankan dalam Kurikulum Satuan Tingkat Pendidikan (KTSP). Penelitian ini memberikan gambaran seberapa baik peran kepala sekolah dalam implementasi KTSP di Madrasah Aliyah di Kota Yogyakarta, khususnya dalam peran supervisi akademik. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkapkan suatu masalah. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Kota Yogyakarta. Menurut data Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta jumlah guru pada tahun pelajaran 2009/2010 adalah 219 guru yang tersebar pada 6 (enam) Madrasah yang terdiri dari Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) Yogyakarta, Madrasah Aliyah Negeri 2 (MAN 2) Yogyakarta, Madrasah Aliyah Muhammadiyah (MAM) Gedongtengen, Madrasah Aliyah Mu’allimaat Muhammadiyah (MAMM), Madrasah Aliyah Mu’allimin Muhammadiyah (MAMM) dan Madrasah Aliyah Nurul Ummah (MANU)Yogyakarta, sedangkan sampel yang dipilih untuk uji coba menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Data kuantitatif diolah secara deskriptif dengan bantuan SPSS 15.0 for window. Hasil penelitian menunjukkan 56,5% guru menyatakan pelaksanaan bimbingan kepala sekolah kepada guru dalam persiapan pembelajaran sudah berjalan dengan baik. Sebesar 55,1% guru menyatakan bimbingan kepala sekolah kepada guru dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik. Sedangkan 47,8% guru menyatakan bimbingan kepala sekolah kepada guru dalam evaluasi pembelajaran berjalan dengan sangat baik. Kata kunci: kepala sekolah, supervisi akademik, KTSP

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kepala sekolah, supervisi akademik, KTSP
Subjects: Pasca Sarjana
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Dec 2012 00:39
Last Modified: 29 Jan 2019 04:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8463

Actions (login required)

View Item View Item