Pengukuran Kemampuan Literasi Budaya dan Kewargaan serta Sikap Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bone.

Alamsyah, Nurfitrah Ramadhani and Hidayati, Kana (2024) Pengukuran Kemampuan Literasi Budaya dan Kewargaan serta Sikap Budaya dan Kewargaan Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bone. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_nurfitrah ramadhani alamsyah_22701251008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kemampuan literasi budaya dan kewargaan siswa sekolah dasar (SD) di Kabupaten Bone, (2) sikap budaya dan kewargaan siswa SD di Kabupaten Bone, (3) kemampuan literasi budaya dan kewargaan serta sikap budaya dan kewargaan siswa SD di Kabupaten Bone ditinjau dari kawasannya, dan (4) perbedaan kemampuan literasi budaya dan kewargaan siswa SD di Kabupaten Bone ditinjau dari kawasannya. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Sampel sejumlah 834 siswa di 26 SD di Kabupaten Bone ditentukan dengan teknik stratified random sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari-Maret 2024. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Validasi tes menggunakan validitas isi dari Aiken. Validasi angket menggunakan validitas isi dari Aiken. Nilai reliabilitas angket dengan menggunakan Alpha Cronbach adalah 0,66. Nilai reliabiltas tes dengan menggunakan Alpha Cronbach adalah 0,77. Analisis butir soal dilakukan untuk instrumen tes dengan model 2PL. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan uji beda Mann Whitney U. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kemampuan literasi budaya dan kewargaan siswa SD di Kabupaten Bone berada pada tingkat perlu intervensi (4%), dasar (28%), cakap (16%), dan mahir (22%) sehingga berada pada kategori kurang karena kurang dari 40% siswa telah mencapai kriteria minimum (cakap dan mahir). (2) Sikap budaya dan kewargaan siswa berada pada tingkat belum terinternalisasi (67%), perlu dikembangkan (16%), berkembang (8%), dan membudaya (8%) sehingga siswa belum menyadari akan pentingnya nilai-nilai sikap budaya dan kewargaan. (3) Kemampuan literasi budaya dan kewargaan serta sikap budaya dan kewargaan siswa pada tiap kawasan menunjukkan pada kawasan perdesaan lebih rendah dibanding pada kawasan perkotaan. (4) Pada taraf signifikansi 5%, terdapat perbedaan yang siginfikan kemampuan literasi budaya dan kewargaanan antara siswa yang tinggal di kawasan perkotaan dengan yang tinggal di pedesaan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: budaya, kewargaan, kemampuan, literasi, sekolah dasar, sikap
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:41
Last Modified: 04 Dec 2024 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84605

Actions (login required)

View Item View Item