Evaluasi Pelatihan Program Guru Penggerak (PGP) di Kabupaten Aceh Timur Menggunakan Model Kirkpatrick.

Niza, Niza and Putro, Nur Hidayanto Pancoro Setyo (2024) Evaluasi Pelatihan Program Guru Penggerak (PGP) di Kabupaten Aceh Timur Menggunakan Model Kirkpatrick. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_niza_22701251011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pelatihan Program Guru Penggerak (PPGP) di Kabupaten Aceh Timur dimulai pada tanggal 12 Agustus 2021. Sejak dimulai hingga sekarang, PPGP belum pernah dievaluasi eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi PPGP angkatan 3 di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif serta menggunakan model evaluasi Kirkpatrick. Evaluasi hanya dilakukan pada tahap 1 sampai tahap 3. Populasi penelitian untuk data kuantitatif adalah 44 guru peserta PPGP angkatan 3 tahun 2022. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah responden sebanyak 23 guru SMP peserta Program Guru Penggerak. Subjek penelitian data kualitatif meliputi guru, Kepala Sekolah, fasilitator/pengajar praktik, panitia, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan melalui wawancara, studi dokumen, dan pengamatan. Uji validitas dilakukan dengan validitas isi instrumen melalui expert judgment. Reliabilitas instrumen diestimasi menggunakan koefisien Cronbach Alpha. Teknik analisis data terkait data kualitatif dalam penelitian ini meliputi kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data. Kemudian untuk data kuantitatif dilakukan kategori berdasarkan hasil angket untuk mengetahui tinggi rendahnya tingkat ketercapaian program. Hasil penelitian ini adalah: (1) Evaluasi tahap reaction termasuk dalam kategori tinggi dengan nilai sebesar 3,37. (2) Evaluasi tahap learning berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 3,36. (3) Evaluasi tahap behavior juga berada pada kategori tinggi dengan nilai sebesar 3,10. Secara umum tingkat keberhasilan pelaksanaan PPGP angkatan 3 di Kabupaten Aceh Timur berada pada kategori tinggi. Hasil wawancara menemukan ada lima faktor pendukung keberhasilan, yaitu pemerintah, desain PPGP, peningkatan performa, pelatih (pengajar praktik/fasilitator), dan dukungan rekan kerja. Sedangkan faktor- faktor penghambat meliputi ketersediaan sinyal, kualitas jaringan internet, lingkungan pelatihan yang kurang baik, dan motivasi calon guru penggerak.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, Model Kirkpatrick, pelatihan, program guru penggerak
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Dec 2024 07:08
Last Modified: 04 Dec 2024 07:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84599

Actions (login required)

View Item View Item