Muyassaroh, Muyassaroh and Suyanto, Slamet (2024) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Dimensi Beriman dan Kreatif Mata Pelajaran Biologi SMA/Sederajat di Sumenep. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
![]() |
Text
tesis_muyassaroh_22701251014.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK MUYASSAROH: Evalusi Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Dimensi Beriman dan Kreatif Mata Pelajaran Biologi SMA/Sederajat di Sumenep. Tesis. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan mengungkap aspek perencanaan, proses, dan hasil dari implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran biologi materi lingkungan dalam penguatan dimensi beriman dan kreatif kelas X SLTA sederajat di Kabupaten Sumenep. Studi ini merupakan studi evaluasi dengan menggunakan pendekatan mixed method concurrent triangulation desain transformasi data. Countenance Stake adalah model evaluasi yang digunakan. Penelitian ini melibatkan 463 siswa dan sembilan guru biologi dari SMA/sederajat di Kabupaten Sumenep dengan latar belakang yang beragam. Data dikumpulkan melalui kuesioner, studi dokumen, wawancara, dan observasi. Validitas instrumen ditentukan dengan menggunakan formula Aiken's V untuk validitas isi dan Exploratory Factor Analysis (EFA) untuk validitas konstruk. Uji Cronbach Alpha menghasilkan estimasi reliabilitas sebesar 0,613. Pendekatan analisis data deskriptif kuantitatif digunakan untuk menilai tingkat pencapaian keberhasilan pembelajaran Biologi pada Kurikulum Merdeka, dengan kategori sangat baik, baik sekali, kurang baik, dan kurang sekali. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perencanaan menunjukkan hasil yang baik dengan penekanan pada pembuatan modul yang sesuai dengan karakter, isi, strategi, langkah, dan penutup. Masih ada kelemahan dalam hal sumber ajar yang belum optimal. (2) Pelaksanaan pembelajaran telah menghasilkan sesuai dengan baik pada pembelajaran I2M3, dengan penguatan dimensi beriman dan kreatif yang intens dilakukan. Namun, beberapa temuan observasi menunjukkan tantangan terkait alokasi waktu dan kebijakan sekolah/yayasan yang dapat mempengaruhi kelancaran proses. (3) Hasil implementasi menunjukkan peningkatan positif dalam kreativitas siswa dan penguatan dimensi beriman, meskipun variasi dalam hasil perspektif siswa perlu diperhatikan. Untuk optimalisasi, guru perlu memberikan penugasan yang sesuai dengan kemampuan individu siswa, terutama dalam menghadapi tantangan jumlah peserta didik yang besar. Implementasi kurikulum mandiri pendidikan biologi belum mencapai 100% sesuai kriteria yang ditetapkan. Rekomendasi untuk meningkatkan implementasi ini ialah optimalisasi sumber ajar. Perlu dilakukan evaluasi mendalam terhadap sumber ajar yang tersedia, termasuk peningkatan fleksibilitas modul. Kolaborasi dan pengembangan antar guru saling membagikan pengalaman. Perlu disusun jadwal yang lebih realistis untuk menghindari pemaksaan alokasi waktu dan komitmen terhadap dimensi beriman dan kreatif yang perlu didukung oleh sekolah dan yayasan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | beriman, kreatif, Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Biologi |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Dec 2024 07:48 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:48 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84589 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |