Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Yogyakarta.

Prasetyo, Yohanes Bosco Adi and Muhson, Ali (2024) Evaluasi Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Ekonomi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_yohanes bosco adi prasetyo_22701251016.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran ekonomi dari aspek perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model evaluasi Countenance Stake dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian terdiri dari 143 peserta didik dan empat guru mata pelajaran ekonomi di sekolah menengah atas negeri Kota Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, telaah dokumen, observasi, dan wawancara. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan formula Aiken dan validitas kontruk menggunakan Exploratory Factor Analysis. Estimasi nilai reliabilitas menggunakan uji Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskripstif kuantitatif dan mengacu pada kategorisasi terdiri dari sangat baik, baik, cukup baik, tidak baik, dan sangat tidak baik. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Ketercapaian secara umum mengenai evaluasi kurikulum merdeka pada pembelajaran ekonomi sudah berada pada kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 83.9%. (2) Aspek perencanaan secara umum memiliki kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 90%. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata perolehan skor pada setiap indikator karakteristik dokumen perencanaan pembelajaran, kelengkapan isi dokumen perencanaan pembelajaran, langkah pembelajaran pendahuluan, dan strategi pembelajaran yang digunakan. (3) Aspek pelaksanaan pembelajaran secara umum memiliki kriteria sangat baik dengan rata-rata skor 88.07%. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata perolehan skor pada setiap indikator pembelajaran yang interaktif, pembelajaran yang inspiratif, pembelajaran yang menyenangkan, pembelajaran yang menantang, pembelajaran yang memotivasi, pembelajaran yang memberikan prakarsa serta kreativitas, pemberian keteladanan, pendampingan, dan fasilitasi. (4) Aspek hasil pembelajaran secara umum memiliki kriteria baik dengan rata-rata skor 73.59%. Hal tersebut dapat dilihat dari rata-rata perolehan skor pada setiap indikator dokumen hasil penilaian peserta didik dalam penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada pembelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi pembelajaran, hasil, Kurikulum Merdeka, pelaksanaan, perencanaan
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Dec 2024 07:50
Last Modified: 02 Dec 2024 07:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84532

Actions (login required)

View Item View Item