Hardiani, Dita and Setiawati, Farida Agus (2024) Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Mandiri Tipe Multiple Choice Question Kelas Atas Sekolah Dasar. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
Text
tesis_dita hardiani_21701251036.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK DITA HARDIANI: Pengembangan Instrumen Penilaian Karakter Mandiri Tipe Multiple Choice Question Kelas Atas Sekolah Dasar. Tesis. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Yogyakarta, 2024. Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk: (1) mengetahui spesifikasi instrumen penilaian karakter mandiri tipe multiple choice question untuk kelas atas sekolah dasar; (2) kualitas instrumen penilaian karakter mandiri tipe multiple choice question untuk kelas atas sekolah dasar; (3) karakteristik instrumen penilaian karakter mandiri tipe multiple choice question untuk kelas atas sekolah dasar; (4) gambaran karakter mandiri peserta didik kelas atas sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan melalui 10 tahapan penyusunan skala psikologi. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas atas dari 13 sekolah dasar di Kota Yogyakarta yang dipilih secara purposive sampling dari populasi berupa seluruh peserta didik tingkat sekolah dasar di Kota Yogyakarta. Teknik analisis terdiri atas: a) validasi isi menggunakan Aiken’s V; b) validasi konstruk menggunakan CFA; c) estimasi reliabilitas dengan koefisien omega mcdonald's; d) analisis parameter butir menggunakan IRT politomus GRM; serta e) estimasi kemampuan menggunakan metode hipotetik. Adapun hasil dari penelitian ini berupa 15 item instrumen yang mewakili 3 aspek kemandirian yakni emosi, perilaku, dan nilai. Instrumen yang dikembangkan memiliki nilai aiken’s V sebesar 0,933. Secara kontruk seluruh item instrumen memiliki muatan faktor >0,3. Dalam analisis parameter seluruh instrumen dinyatakan fit terhadap IRT model GRM dibuktikan dengan p.PV-Q1 >0,05 dan menghasilkan parameter daya beda butir dan indeks kesulitan butir yang beragam. Pengukuran karakter mandiri memberikan gambaran karakter peserta didik kelas atas sekolah dasar di Kota Yogyakaerta dengan hasil temuan berupa 37% berkategori tinggi, 42% berkategori sedang, 10% berkategori rendah, dan 12% karakter berkategori sangat kurang.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah Dasar , Karakter Mandiri, Pengembangan Instrumen. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 28 Nov 2024 04:58 |
Last Modified: | 28 Nov 2024 04:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84510 |
Actions (login required)
View Item |