Efektivitas Model Substitution, Augmentation, Modification, dan Redefination dalam Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an Hadis di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta.

Nafi'ah, Ilma and Hadi, Samsul (2024) Efektivitas Model Substitution, Augmentation, Modification, dan Redefination dalam Pembelajaran Pendidikan Al-Qur’an Hadis di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_ilma nafiah_20701251022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui efektivitas dari penerapan Model SAMR dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadis di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta (2) menganalisis tingkat perbedaan pencapaian aspek kognitif dan motivasi belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol di SMP Muhammadiyah 5 Yogyakarta. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian campuran (mixed method) tipe explanatory sequential design. Alur pada desain ini ialah diawali dengan pengumpulan data secara kuantitatif kemudian dilanjutkan dengan pengumpulan data secara kualitatif sehingga hasil penelitian bersifat explanatory. Data kuantitatif dikumpulkan melalui soal pretest- posttest, angket motivasi belajar, e-modul, dan RPP sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Pembuktian validitas instrumen kuantitatif dengan cara validitas isi dan validitas kontruk sedangkan estimasi reabilitas instrumen kuantitatif menggunakan Cronbach Alpha dan reabilitas ICC. Uji keabsahan data instrumen kualitatif menggunakan triangulasi metode. Analisis data kuantitatif dilakukan menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistika inferensial yaitu multivariate analysis of variance (MANOVA) dengan bantuan SPSS versi 22 sedangkan analisis kualitatif menggunakan analisis Miles and Huberman yaitu data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Model SAMR efektif diterapkan pada pembelajaran pendidikan Al-Qur’an Hadis di kelas VIII A. Tahap substitution diterapkan untuk mencapai KD 3.1 sedangkan tahap augmentation, modification, dan redefination diterapkan untuk mencapai KD 4.1.1 dan KD 4.1.3. Hal di atas dapat dibuktikan melalui hasil uji multivariate (MANOVA) yang menunjukan nilai sig. pada Pillai’s Trace (0.000 > 0.05) Wilk’s Lambda (0.000 > 0.05) Hotelling’s Trace (0.000 > 0.05) dan dikuatkan dengan hasil observasi yang menunjukan antusias peserta didik lebih tinggi selama menerapkan Model SAMR ke dalam pembelajaran. (2) Tolak ukur model SAMR dapat dikatakan efektif dengan melihat dua aspek yaitu aspek kognitif yang diukur menggunakan soal pretest-posttest dan motivasi belajar yang diukur menggunakan kuisioner. Hasil analisis perolehan pengukuran kedua aspek tersebut menunjukan ketercapaian aspek kognitif kelompok eksperimen lebih besar dibandingkan kelompok kontrol 44% > 16% dan untuk perolehan pengukuran motivasi belajar menunjukan kelompok kontrol lebih rendah dibandingkan kelompok eksperimen thitung -4.908 > ttabel= 2,040. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran yang mengintergrasikan teknologi di dalamnya jauh lebih efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan diimbangi untuk selalu mengasah kemampuan literasi digital peserta didik, karena kemampuan literasi digital sangat diperlukan pada kebutuhan pendidikan era society 5.0.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model SAMR, Evaluasi Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadis, Hasil Belajar, Motivasi Belajar
Subjects: Filsafat. Psikologi. Agama > Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:07
Last Modified: 28 Nov 2024 04:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84509

Actions (login required)

View Item View Item