EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MEMBATIK JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fikriyah, Alisa (2024) EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN MEMBATIK JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS LUAR BIASA NEGERI DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S2 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
tesis_alisa fikriyah_21701251039.pdf

Download (7MB)
Official URL: https://sps.uny.ac.id

Abstract

Kurikulum pendidikan khusus jenjang sekolah menengah merumuskan mata pelajaran keterampilan pilihan yang bertujuan sebagai pembekalan profesi. Salah satu jenis mata pelajaran keterampilan pilihan adalah membatik. Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk: menilai ketercapaian pelaksanaan program pembelajaran membatik jenjang sekolah menengah atas luar biasa negeri (SMALB negeri) di D.I. Yogyakarta ditinjau dari tahapan: (1) antecedents, (2) transactions, dan (3) outcomes. Penelitian evaluasi ini menggunakan model countenance dengan pendekatan campuran sekuensial eksplanatori. Subjek penelitian terdiri atas delapan guru batik dan sembilan peserta didik dengan disabilitas. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket serta melalui dokumen, wawancara, dan observasi. Validitas instrumen dibuktikan dengan validitas isi menggunakan formula V Aiken. Reliabilitas instrumen diestimasi dengan Interclass Correlation Coefficient (ICC). Data kuantitatif dianalisis menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis tematik yang melibatkan lima fase: mengakrabi data, melakukan koding awal, mengembangkan tema, mereview dan mendefinisikan tema, menulis hasil analisis tematik. Sebelum dianalisis, rekaman hasil wawancara ditranskrip dan dikodekan menggunakan perangkat lunak ATLAS.ti 22 untuk menghasilkan temuan yang lebih ilustratif tentang capaian keberhasilan program. Hasil evaluasi program pembelajaran membatik jenjang SMALB Negeri di D.I. Yogyakarta menunjukkan indikator program belum tercapai seluruhnya berdasarkan kriteria standar. Beberapa hal perlu dipertimbangkan sebagai bahan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan program pembelajaran membatik jenjang SMALB Negeri di D.I. Yogyakarta. Rekomendasi yang diajukan berdasarkan hasil evaluasi antara lain: (1) sekolah dan guru perlu memastikan perumusan capaian pembelajaran berpedoman pada hasil asesmen awal dan berorientasi pada tujuan jangka panjang setelah sekolah, (2) guru dan sekolah perlu mengintegerasikan keterampilan determinasi diri ke dalam program pembelajaran membatik, (3) guru perlu menyiapkan alat penilaian pembelajaran membatik yang lengkap dan komprehensif, (4) sekolah perlu memperhatikan kebutuhan guru dan peserta didik dalam menyediakan ruang praktik, dan (5) sekolah dan guru perlu mengidentifikasi hasil pasca sekolah yang ingin dicapai peserta didik, dan (6) sekolah, guru, dan orang tua perlu menyadari berbagai bentuk diskriminasi dan bagaimana dampaknya terhadap pencapaian peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: peserta didik dengan disabilitas, program pembelajaran membatik
Subjects: Pasca Sarjana
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 26 Nov 2024 07:12
Last Modified: 26 Nov 2024 07:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84498

Actions (login required)

View Item View Item