IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL) SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA

Fauzi Usman Ardhi, Kusumawardana (2012) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN DRILL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATA DIKLAT PLC (PROGRAMMABLE LOGIC CONTROL) SMK MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2.pdf

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa Program keahlian Teknik Pemanfaatan Tenaga Listrik (TPTL) SMK MUHAMMADIYAH 3 Yogyakarta melalui Implementasi Metode Pembelajaran drill Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi BelajarMata Diklat PLC (Programmable Logic Controller) SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI tahun pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 28 orang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan dan refleksi. Metode Pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode drill atau pelatihan. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan perbandingan antara hasil tes pada siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode pembelajaran drill dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari: 1 Aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata keaktifan siswa pada siklus I yaitu 21,81 dalam kategori sedang meningkat menjadi 23,58 pada pada kategori tinggi pada pertemuan siklus II. Peningkatan rata-rata keaktifan siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 1,77. (2) Prestasi siswa dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata tes siswa sebesar 64,64. Pada siklus II nilai rata-rata tes siswa menjadi 70,18. Implementasi metode drill dapat meningkatkan prestasi belajar siswa sebesar 5,54. Kata kunci: drill, aktivitas, prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: drill, aktivitas, prestasi belajar.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 07:18
Last Modified: 29 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8442

Actions (login required)

View Item View Item