KOLABORASI METODE CERAMAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SUSPENSI OTOMOTIF SISWA KELAS XI SMK N2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012

SAIFURRIJAL, SAIFURRIJAL (2012) KOLABORASI METODE CERAMAH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN DEEP DIALOGUE/CRITICAL THINKING (DD/CT) UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SUSPENSI OTOMOTIF SISWA KELAS XI SMK N2 PENGASIH TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover-10504247018.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -10504247018.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -10504247018.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -10504247018.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -10504247018.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa jurusan teknik kendaraan ringan SMK N2 Pengasih pada mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif melalui penerapan kolaborasi metode ceramah dengan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking (DD/CT). Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, pada proses pembelajarannya menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking (DD/CT). Sistematika penelitian menggunakan III siklus. Sasaran penelitian ini adalah peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif kelas XI TKR 3 yang berjumlah 33 siswa. Aspek yang diteliti meliputi aktivitas siswa yang menunjukkan partisipasi, serta hasil belajar siswa berupa evaluasi sebagai indikator keberhasilan peningkatan hasil belajar. Langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal siswa, selanjutnya pemberian materi yang diajarkan dengan menggunakan kolaborasi metode ceramah dengan model pembelajaran deep dialogue/critical thinking (DD/CT) pada setiap siklusnya selanjutnya dilakukan post test disetiap akhir pembelajaran. Data dianalisis melalui tahapan reduksi, paparan data dan penyimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan tiap siklusnya. Hal ini bisa dilihat dari meningkatnya ratarata aspek partisipasi pada siklus I sebesar 42.43%, pada siklus II sebesar 61.74% dan pada siklus III sebesar 69.67%. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat dilihat dari rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 7.14, pada siklus II sebesar 7.58 dan pada siklus III sebesar 8.06. ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 57.58%, pada siklus II sebesar 78.79% dan pada siklus III sebesar 96.97%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi metode ceramah dengan model deep dialogue critical thinking (DD/CT) dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci : partisipasi, hasil belajar, ceramah, deep dialogue/critical thinking (DD/CT).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, hasil belajar, ceramah, deep dialogue/critical thinking (DD/CT).
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 07:18
Last Modified: 29 Jan 2019 17:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item