Keefektifan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri Kota Yogyakarta

Dewanto, Satriyo Agung (2012) Keefektifan Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di SMA Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-satriyo-agung-dewanto-10702251007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMA Negeri Kota Yogyakarta yang dilihat dari faktor guru dalam mengajar, faktor siswa pada proses belajar di kelas, faktor sarana dan prasarana pendidikan, serta faktor lingkungan kelas. Dari keempat hal tersebut akan diketahui faktor paling dominan dan faktor paling tidak dominan dalam pelaksanaannya. Tempat penelitian yaitu SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA Negeri 4 Yogyakarta dan SMA Negeri 11 Yogyakarta. Alasan pemilihan tempat penelitian yakni kategori SMA berdasarkan NEM masuk dan lulusan siswa yang diterima di perguruan tinggi negeri. SMA berkategori tinggi yaitu SMA Negeri 1 Yogyakarta, SMA berkategori menengah yakni SMA Negeri 4 Yogyakarta, dan yang berkategori bawah dalam penerimaan siswa baru yaitu SMA Negeri 11 Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan siswa satuan pendidikan SMA di Kota Yogyakarta. Semua pengambilan data menggunakan metode angket dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif. Data yang diperoleh diuji coba dahulu kemudian hasilnya dikumpulkan dan dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut. Faktor dominan yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat dilihat dari persentase rata-rata tertinggi diantara faktor-faktor yang telah dianalisa. Faktor guru 19,14%, faktor siswa 22,65%, faktor sarana dan prasarana dikatakan 25% karena semua faktor terpenuhi, serta faktor lingkungan kelas 17,90%. Setelah dianalisa lebih lanjut, ternyata faktor yang paling dominan adalah faktor sarana dan prasarana dengan persentase 25% dan faktor yang paling tidak dominan dengan keefektifan SMA Negeri dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah faktor lingkungan kelas dengan persentase 17,90%. Dengan demikian dapat diketahui bahwa faktor sarana dan prasarana menjadi faktor yang paling mendukung bagi keefektifan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Sekolah Menengah Atas Negeri Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, SMA Negeri Kota Yogyakarta, mata pelajaran TIK
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:54
Last Modified: 21 Sep 2022 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8406

Actions (login required)

View Item View Item