Rika Amalia , Rizkiyati (2012) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) TERHADAP PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK PADA MATERI KOLOID KELAS XI IPA MAN II YOGYAKARTA SEMESTER 2 TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - abstrak.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
pengesahan.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
persetujuan.pdf Download (9MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (166kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Think Talk Write dan prestasi belajar kimia peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ekspositori pada materi koloid di MAN II Yogyakarta kelas XI IPA semester 2 tahun ajaran 2011/2012 jika pengetahuan awal kimia peserta didik dikendalikan secara statistik. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen murni dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA semester 2 MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 80 peserta didik yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini sebanyak 52 peserta didik yang diambil secara purposive random sampling dalam dua kelas yaitu peserta didik kelas XI IPA 1 (kelas eksperimen) dan kelas XI IPA 2 (kelas kontrol). Data yang diperoleh pada penelitian ini adalah data pengetahuan awal kimia peserta didik, dan data nilai prestasi belajar kimia peserta didik dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang dianalisis dengan menggunakan uji analisis kovarian. Hasil uji analisis kovarian menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 5,192 dan phitung = 0,025. Karena nilai Fhitung (5,192) > Ftabel (4,03) dan phitung (0,025) < ptabel (0,05), ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Think Talk Write dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode ekspositori dengan pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai prestasi belajar kimia peserta didik pada kelas eksperimen adalah 60,271 lebih tinggi dari nilai prestasi belajar kimia peserta didik pada kelas kontrol yaitu 51,138. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode Think Talk Write lebih efektif dibandingkan metode ekspositori dan dapat digunakan untuk meningkatkan prestasi belajar kimia peserta didik kelas XI IPA semester 2 MAN II Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 06:54 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:35 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8405 |
Actions (login required)
View Item |