HUBUNGAN KUALIFIKASI GURU DENGAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN

PRIMA, HERANITA (2012) HUBUNGAN KUALIFIKASI GURU DENGAN PENGELOLAAN KELAS DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMA NEGERI DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07201241005.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07201241005.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07201241005.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07201241005.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-07201241005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki satu tujuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kualifikasi guru dengan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri di kabupaten Sleman yang berjumlah 55 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik Stratified Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan pedoman pengamatan. Uji persyaratan analisis digunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis yang digunakan adalah Product Moment Correlation dengan bantuan program statistik SPSS 16.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara kualifikasi guru dengan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia SMA Negeri di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dengan analisis Product Moment Correlation yang menghasilkan nilai koefisien korelasi (rxy) sebesar 0,989 dengan p sebesar 0,011 kurang dari 0,05. Perbedaan kualifikasi guru menyebabkan adanya perbedaan pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia yang dimiliki oleh guru. Artinya, Guru yang memiliki kualifikasi tinggi akan memiliki kemampuan pengelolaan kelas yang tinggi, sebaliknya, guru yang memiliki kualifikasi rendah akan memiliki kemampuan pengelolaan kelas yang rendah pula.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:53
Last Modified: 29 Jan 2019 17:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8404

Actions (login required)

View Item View Item