Analisis Kesalahan Penggunaan Preposisi dan Faktor Penyebabnya dalam Menulis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pulau Makian Maluku Utara

Hamataher, Safrin (2012) Analisis Kesalahan Penggunaan Preposisi dan Faktor Penyebabnya dalam Menulis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pulau Makian Maluku Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
thesis-safrin-hamataher-09706251037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan: (1) kesalahan penggunaan preposisi dalam menulis siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pulau Makian; (2) jenis kesalahan yang dibuat siswa; (3) faktor-faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi. Manfaat penelitian ini adalah: (1) menambah pemahaman siswa tentang penggunaan jenis-jenis preposisi dalam menulis; (2) guru dapat mengetahui jenisjenis kesalahan siswa dan faktor penyebabnya sehingga dapat merancang pembelajaran berdasarkan kesalahan dan faktor penyebabnya. Subjek penelitian ini adalah karangan bahasa Inggris siswa kelas XI SMA Negeri 1 Pulau Makian Tahun Ajaran 2010/2011 dengan objek yang diteliti adalah jenis-jenis kesalahan penggunaan preposisi dan faktor penyebabnya dalam menulis bahasa Inggris. Pengumpulan data menggunakan tes tertulis yaitu: siswa diminta untuk menuliskan ide atau gagasan berdasarkan gambar yang telah diberi topik atau judul, dan wawancara dengan siswa untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesalahan berdasarkan jenis kesalahan siswa. Hasil tulisan/karangan didentifikasi, dikategorikan, dideskripsikan berdasarkan jenis kesalahan, dan dimpulkan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) terdapat kesalahan penggunaan preposisi antara lain: kesalahan penghilangan, penambahan, penempatan, kesalahan pemilihan dan penggunaan preposisi, dan kesalahan penggunaan preposisi dengan kata kerja dan kata sifat; (2) faktor penyebab kesalahan siswa menggunakan preposisi dalam menulis adalah: interferensi, kurangnya penguasaan preposisi bahasa Inggris, dan preposisi bahasa Inggris memiliki lebih dari satu padanan arti dalam bahasa Indonesia. Implikasi dari penelitian ini adalah guru dapat merancang silabus dan teknik pembelajaran yang baik berdasarkan tingkat kesalahan yang dibuat siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: menulis, kesalahan preposisi, faktor penyebab
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:52
Last Modified: 30 Nov 2022 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8397

Actions (login required)

View Item View Item