Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Pendekatan Content-Based Instruction untuk Mahasiswa

Farani, Rizki (2012) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris melalui Pendekatan Content-Based Instruction untuk Mahasiswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rizki-farani-10707251002.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan multimedia pembelajaran bahasa Inggris melalui pendekatan content-based instruction untuk memaksimalkan penggunaan media belajar yang variatif dalam pembelajaran bahasa Inggris di Program Pesantren Kampus, STAIN Samarinda; 2) mengetahui kualitas multimedia pembelajaran bahasa Inggris dari penilaian ahli media, ahli materi, dan mahasiswa; 3) mengetahui kualitas hasil belajar bahasa Inggris mahasiswa setelah menggunakan multimedia yang dihasilkan. Penelitian pengembangan ini melalui 6 tahap, yaitu: 1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; 2) mengembangkan produk awal; 3) validasi ahli materi dan media serta revisi; 4) uji coba produk dan revisi; 5) revisi produk akhir; 6) penggunaan produk. Sampel penelitian adalah mahasiswa semester 2 di program Pesantren Kampus, STAIN Samarinda. Jumlah responden sebanyak 63 mahasiswa, yaitu tiga orang untuk uji coba perorangan, 10 orang untuk uji coba kelompok kecil, 20 orang untuk uji coba kelompok besar dan 30 orang untuk pembelajaran di kelas. Instrumen pengumpulan data adalah angket untuk ahli materi, ahli media, dan mahasiswa, serta tes hasil belajar. Data dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. 1) Multimedia pembelajaran bahasa Inggris berbentuk CD yang dibuat dengan software Macromedia Flash 8 dan Cool Edit Pro. Produk memuat materi berjudul Topics and Main Ideas untuk mata kuliah Reading 2. Materi disajikan secara berurutan dengan metode tutorial, mulai dari definisi topik dan ide pokok, klasifikasi topik dan ide pokok, strategi menganalisis topik dan ide pokok, contoh cara menganalisis topik dan ide pokok, latihan, sampai dengan tes. Produk menggunakan jenis full texts untuk menjabarkan materi; menggunakan suara pengucapan bahasa Inggris untuk vocabulary practice; menggunakan gambar buku untuk latar belakang, menu dan sub menu; menggunakan musik pengiring,yaitu lagu Retro dari Vanessa Mae dan InsyaAllah dari Maher Zain. 2) Hasil validasi ahli materi menunjukkan bahwa kualitas produk ” baik” (3,95); hasil validasi ahli media menunjukkan bahwa kualitas produk ”sangat baik” (4,72); hasil uji coba perorangan, kelompok kecil dan besar menunjukkan bahwa kualitas produk ”baik” dengan nilai 4,02; 3,6; 3,81 secara berturut-turut. 3) Kualitas rata-rata hasil belajar mahasiswa meningkat secara signifikan dari 53,7 menjadi 74,7, setelah menggunakan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran bahasa Inggris baik digunakan sebagai media pembelajaran maupun sumber belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia, bahasa Inggris, content-based instruction
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Pasca Sarjana: Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:51
Last Modified: 27 Jul 2016 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8388

Actions (login required)

View Item View Item