Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Kegiatan Laboratorium terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Peserta Didik SMP

Wulandari, Ratna (2012) Pengaruh Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Kegiatan Laboratorium terhadap Motivasi Belajar dan Keterampilan Berpikir Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-ratna-wulandari-10708259013.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri dalam kegiatan laboratorium terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Amuntai Utara, (2) pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri dalam kegiatan laboratorium terhadap keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII di SMPN Amuntai Utara, dan (3) perbedaan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri dalam kegiatan laboratorium dengan kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis demonstrasi di SMPN Amuntai Utara. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi, dengan desain pretest-postest kontrol group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Amuntai Utara Kabupaten Hulu Sungai Utara Propinsi Kalimantan Selatan semester II tahun ajaran 2011/2012. Pengambilan sampel dilakukan secara acak sebanyak dua kelas (dari tiga kelas) yang masing-masing terdiri dari 23 peserta didik diajar dengan pembelajaran berbasis inkuiri, dan 24 peserta didik diajar dengan pembelajaran berbasis demonstrasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket untuk motivasi belajar dan tes untuk keterampilan berpikir kritis, diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Validitas dan realibilitas instrumen dihitung dengan program Iteman. Analisis data menggunakan uji one sample t-test untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis inkuiri terhadap motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis. Untuk mengetahui perbedaan mean motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri dengan kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis demonstrasi menggunakan uji T2 Hotelling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pembelajaran berbasis inkuiri dalam kegiatan laboratorium berpengaruh meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas VIII di SMPN 2 Amuntai Utara, (2) pembelajaran berbasis inkuiri dalam kegiatan laboratorium berpengaruh meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas VIII di SMPN Amuntai Utara, dan (3) terdapat perbedaan motivasi belajar dan keterampilan berpikir kritis antara kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis inkuiri dalam kegiatan laboratorium dengan kelas yang menggunakan pembelajaran berbasis demonstrasi di SMPN 2 Amuntai Utara.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis inkuiri, motivasi belajar, keterampilan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 06:49
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8383

Actions (login required)

View Item View Item