Eka, Fitriani (2012) STUDI KOMPARASI MODEL INKUIRI BEBAS TERMODIFIKASI PADA PRAKTIKUM REAL DAN PRAKTIKUM VIRTUAL UNTUK PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA N 3 BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
cover - 08302241002.pdf Download (597kB) | Preview |
|
|
Text
bab 1 - 08302241002.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2 - 08302241002.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text
bab5 - 08302241002.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 1 RPP real.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 1 RPP virtual.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 2 Lembar penilaian Proses,Psiko,n Afektif.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 3 kriteria penilaian Proses,Psiko,n Afektif2.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 4 data penilaian Proses,Psiko,n Afektif2.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 5 LKS real.pdf Download (543kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 5 LKS virtual.pdf Download (568kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 6 soal posttest.pdf Download (251kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 8 hasil validasi soal.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 9 posttest soal stlh validasi.pdf Download (235kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 10 data kemampuan awal siswa.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 11 data posttest.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 13 Hsl analisis homogenitas kemp awal.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 14 Hsl analisis normalitas.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 15 Hsl analisis homogenitas posttest.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 16 uji t.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 17 dokumentasi keg.pdf Download (169kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran 19 posttest soal n kunci jawaban.pdf Download (286kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode manakah yang lebih baik terhadap penguasaan konsep fisika siswa antara siswa yang belajar dengan praktikum real dengan siswa yang belajar dengan praktikum virtual pada model inkuiri bebas termodifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang membandingkan tingkat penguasaan konsep fisika siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan praktikum real dengan siswa yang belajar dengan menggunakan praktikum virtual. Pengambilan data dilakukan pada kelas X4 (kelas praktikum virtual) dan kelas X5 (kelas praktikum real) di SMA N 3 Bantul menggunakan tes penguasaan konsep fisika siswa materi hukum ohm. Data berupa nilai tes penguasaan konsep yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t (Independent Sample t-test) pada program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat penguasaan konsep fisika siswa antara siswa yang belajar dengan menggunakan praktikum real dengan siswa yang belajar dengan menggunakan praktikum virtual, model inkuiri bebas termodifikasi. Berdasarkan analisis data hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar P = 0,719, pada taraf signifikansi 5%. Karena P > 0,05 maka H0 diterima. Oleh karena itu disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat penguasaan konsep fisika pada siswa yang belajar menggunakan praktikum real dan praktikum virtual pada model inkuiri bebas termodifikasi, yang berarti bahwa pembelajaran dengan menggunakan praktikum real dan praktikum virtual pada model inkuiri bebas termodifikasi memberikan dampak yang sama terhadap penguasaan konsep fisika siswa. Kata kunci : praktikum real-virtual, inkuiri bebas termodifikasi, konsep fisika
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | raktikum real-virtual, inkuiri bebas termodifikasi, konsep fisika raktikum real-virtual, inkuiri bebas termodifikasi, konsep fisika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Fisika > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 04:47 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:34 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8375 |
Actions (login required)
View Item |