PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TARI BEDANA UNTUK PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA DI SMP

NOVIAN TRI, ASMORO (2012) PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TARI BEDANA UNTUK PEMBELAJARAN TARI NUSANTARA DI SMP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-07209241010.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1-07209241010.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-07209241010.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-07209241010.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-07209241010.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media video interaktif tari Bedana untuk pembelajaran tari nusantara di SMP yang tervalidasi oleh ahli materi, ahli media pembelajaran, dan siswa calon pengguna dalam mengatasi permasalahan pembelajaran tari nusantara. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian ini menggunakan tiga tahap pengembangan. Tahap pertama studi pendahuluan, meliputi analisis kebutuhan dan studi literal. Tahap kedua pengembangan produk media pembelajaran, meliputi membuat desain materi pembelajaran, membuat flowchart, membuat storyboard, pengumpulan bahan pendukung, memproduksi media pembelajaran, dan pengemasan produk. Ketiga melakukan uji coba produk. Subjek ujicoba pada penelitian ini adalah Bapak Zulfi Hendri, M.Sn, ahli media pembelajaran, Ibu Hermi Wahyu Handayani, S.Sn, ahli materi pembelajaran, dan siswa seni tari kelas VIII SMP Negeri 2 Pengasih Kulon Progo. Kualitas media pembelajaran yang di kembangkan dipertanggungjawabkan dengan analisis data kuesioner yang diberikan kepada subjek ujicoba. Data tersebut kemudian diubah dalam bentuk skor standar seratus. Media pembelajaran dinyatakan layak apabila skor rata-rata akhir minimal 70. Maka, apabila skor rata-rata akhir kurang dari 70 maka media pembelajaran tersebut dinyatakan kurang layak. Hasil penelitian menunjukan data sebagi berikut. Hasil evaluasi ahli materi pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 100, aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 80, aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 75, maka ketiganya termasuk kategori layak. Hasil evaluasi ahli media tahap kedua pada aspek tampilan memiliki skor rata-rata hasil sebesar 70, aspek pemrograman memiliki skor rata-rata hasil sebesar 75, aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 75, maka ketiganya termasuk kategori layak. Hasil uji coba lapangan terbatas dengan subjek uji coba sebanyak 10 orang pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 83,250, aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 83,925, aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 85,825, maka semuanya termasuk kategori layak. Hasil uji coba lapangan utama dengan subjek uji coba sebanyak 30 orang pada aspek kebenaran konsep memiliki skor rata-rata hasil sebesar 85,825, aspek materi memiliki skor rata-rata hasil sebesar 83,925, aspek pembelajaran memiliki skor rata-rata hasil sebesar 83,030, maka semuanya termasuk kategori layak. Berdasarkan analisis hasil evaluasi ahli materi dan ahli media, serta uji coba lapangan terbatas dan lapangan utama dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran tari nusantara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 04:47
Last Modified: 29 Jan 2019 17:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8374

Actions (login required)

View Item View Item