Pengembangan Pembelajaran Tematik dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Ibrahim, Nurhasni (2012) Pengembangan Pembelajaran Tematik dan Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nurhasni-ibrahim-09709251026.swf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk:1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran tematik untuk siswa sekolah dasarkelas III yang valid, praktis dan efektif; dan 2) mendeskripsikan pengaruh produk pembelajaran tematik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Penelitian ini mengembangkan perangkat pembelajaran dengan menggunakan model pengembangan 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel dan Semmel yang telah dimodifikasi sehingga hanya memuat tahap Define, Design dan Develop. Pengembangan perangkat dimulai dari tahap analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis materi, analisis tugas, spesifikasi tujuan pembelajaran, pemilihan media, pemilihan format, desain produk, uji ahli dan praktisi, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Data yang dikumpulkan berupa data tentang kualitas produk yang dikembangkan dan data tentang kemampuan berpikir kreatif siswa. Data tentang kualitas produk diperoleh dengan hasil validasi ahli, observasi, dan angket, sedangkan data tentang kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh dengan tes. Uji coba lapangan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan metode eksperimen semu (quasi experiment). Instrumen yang digunakan berupa pre-test dan post-test. Uji normalitas menggunakan Kolmogrov-Smirnov, dan uji homogenitas menggunakan (Levene Test). Untuk mengetahui perbedaan keefektifan pembelajaran tematik dengan pembelajaran biasa terhadap kemampuan berpikir kreatif, dilakukan dengan uji one sample t-test, dan untuk mengetahui bahwa pembelajaran tematik lebih efektif dari pada pembelajaran biasa terhadap kemampuan berpikir kreatif, dilakukan dengan uji two sample t-test. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran tematik khususnya pada mata pelajaran matematika materi pokok keliling dan luas persegi dan persegi panjang. Perangkat tersebut terdiri dari rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kegiatan siswa (LKS), dan tes hasil belajar (THB). Berdasarkan penelitian disimpulkan sebagai berikut: 1) perangkat pembelajaran tematik yang dikembangkan (RPP, LKS, THB) valid dengan kategori baik, maka perangkat ini layak digunakan sebagai sumber belajar; 2) setelah melalui uji coba lapangan diperoleh: (a) perangkat pembelajaran tematik yang dikembangkan (RPP, LKS, THB) sudah mencapai kriteria praktis, baik ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran, penilaian guru, dan respons siswa; (b) pembelajaran tematik efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif; (c) pembelajaran tematik lebih efektif ditinjau dari kemampuan berpikir kreatif siswa. Hasil kesimpulan tersebut menunjukan bahwa pembelajaran tematik yang dikembangkan berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa dan layak digunakan sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, pembelajaran tematik, berpikir kreatif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 04:46
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8369

Actions (login required)

View Item View Item