Keefektifan STAD dan GI Untuk Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika di MAN 2 Bima

Istiqamah, Nur (2012) Keefektifan STAD dan GI Untuk Pengembangan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Fisika di MAN 2 Bima. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nur-istiqamah-10708251024.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari motivasi belajar fisika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest non-equivalent group design. populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas X MAN 2 Kota Bima yang terdiri atas tujuh kelas. Dari tujuh kelas tersebut diambil dua kelas secara random sebagai sampel. Secara random pula, kelas X-1 dikenai perlakuan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan X-3 dikenai perlakuan pembeljaran kooperatif tipe GI. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket motivasi belajar fisika sebagai kovariabel, dan tes keterampilan berpikir kritis sebagai variabel terikat. Untuk membandingkan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis ditinajau dari motivasi belajar fisika, data dianalisis dengan menggunakan ANAKOVA pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menujukkan bahwa terdapt perbedaan keefektifan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI untuk pengembangan keterampilan berpikir kritis ditinjau dari motivasi beljar fisika.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran kooperatif tipe STAD, pembelajaran kooperatif tipe GI, keterampilan berpikir kritis, motivasi belajar fisika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Dec 2012 04:45
Last Modified: 29 Jan 2019 04:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8361

Actions (login required)

View Item View Item